Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Trading Saham Profit Terus

Saya sering dapat pertanyaan dari trader: "Bung Heze, apakah ada cara trading saham biar kita bisa untung terus, dan tidak pernah rugi?"

Pertanyaan semacam ini tentu tidak asing bagi anda dan saya. Bahkan kalimat ini sangat sering digunakan di seminar2 saham yang harganya puluhan juta, agar anda mau membayar mahal untuk seminar tersebut. Tapi... Ujung2nya anda tetap tidak mendapatkan ilmu apapun. 

Maka dari itu, di pos ini, saya akan menjelaskan pertanyaan rekan2 berdasarkan pada pengalaman trading pribadi, dan atas dasar rasionalitas trading. 

Di dalam trading saham, anda mungkin bisa mencetak profit. Tetapi, apakah anda bisa mengontrol kerugian anda? 

Jika bulan pertama anda bisa untung 10%, tapi bulan berikutnya anda rugi lebih besar dari itu, maka itu berarti anda belum bisa mengontrol kerugian anda. Anda belum tahu cara mengontrol kerugian. 

Nah, kalau anda tidak tahu cara mengontrol kerugian di pasar saham, jangan harap anda bisa dapat profit terus. 

Itu artinya, the first point yang harus anda lakukan dalam trading adalah: MENGONTROL KERUGIAN. Bukan mencari sistem2 trading yang harga puluhan juta untuk mencari untung ratusan persen. 

Karena salah satu risiko trading saham itu adalah turunnya saham anda, sehingga anda perlu mengontrol trading anda, agar anda jangan sampai rugi.  

Gimana cara mengontrol kerugian? 

Ada beberapa cara. Pertama, gunakan analisis teknikal yang benar. Menggunakan analisis teknikal yang benar berarti anda harus tahu cara memilih saham yang benar. Anda harus mengetahui analisa teknikal yang bisa membaca saham2 yang akan naik. 

Karena kalua anda tidak paham menggunakan analisa teknikal yang benar. Anda tidak bisa mempraktikkan cara memilih saham, kemungkinan besar anda bisa salah memilih saham, sehingga risiko kerugian akan semakin besar. Alih-alih dapat profit gede, justru anda mendapatkan kerugian. 

Bagaimana cara memilih saham yang naik? Bagaimana cara mempraktikkan analisa teknikal yang tepat? Anda bisa mendapatkan praktik2nya disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus. 

Pada praktik2 yang saya paparkan tersebut, anda bisa mempraktikkan cara2 screening saham dan analisa teknikal untuk mendapatkan untung konsisten dan lebih stabil. 

Kedua, psikologis trading yang benar. Psikologis trading atau cara anda mengendalikan emosi trading, cara anda menyikapi pasar saham, baik sebelum trading maupun saat trading, sangat menentukan apakah anda nantinya bisa dapat profit terus atau justru sebaliknya. 

Jadi di dalam trading, anda harus mengatur langkah2 dan mindset trading anda yang baik. Saya pernah menuliskan materi2 psikologis trading disini: The Right Investor Mindset. 

Ketiga, anda harus memulai secara bertahap. Jika anda ingin bisa trading yang menghasilkan profit terus menerus, anda harus memulai bertahap. Anda harus memulai dengan modal kecil. Anda harus rajin menganalisa, mengamati, dan praktik. Dengan cara ini, anda lama2 akan menjadi trader yang berpengalaman. 

Saya pernah menuliskan step by step untuk menjadi trader sukses disini: Step By Step Menjadi Trader Sukses. Cara Supaya Bisa Untung di Saham. 

Jadi di pos ini saya tidak memberikan anda janji-janji surga, atau iming-iming untung di saham tanpa usaha, tanpa analisis. Karena apa yang saya tulis ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi penulis menekuni trading saham. 

Di dalam trading, anda harus menggunakan rasionalitas, dan memasang target2 yang realisitis. Dengan cara inilah anda bisa mengontrol kerugian anda, dan pada akhirnya anda bisa dapat untung. 

Cara-cara ini kalau anda terapkan terus di dalam trading, anda bisa mendapatkan profit yang konsisten. Profit konsisten berarti anda bisa mendapatkan untung yang lebih banyak, lebih stabil, dengan kerugian sekecil mungkin. 

Atau bahkan, kalau anda sudah punya sistem trading sendiri, anda membeli saham berdasarkan analisis yang benar, anda tidak butuh waktu lama untuk menunggu saham anda naik, jika sewaktu-waktu saham yang anda beli langsung turun (karena fluktuatif market itu wajar). Saya pernah menuliskannya disini: Saham Turun: Pilih Hold atau Cut Loss? 

Pak Heze, ada cara yang lebih instan nggak biar bisa untung terus tiap kali trading? Tanya anda.. 

Nah ini dia. Banyak trader yang masih punya mindset mau cepat kaya, cepat untung tanpa mau usaha. Mindset2 seperti ini harus anda hilangkan. 

Inilah yang menjadi penyebab anda jadi sulit untung di saham. Karena dengan mindset2 seperti ini, anda tidak akan bisa berpikir dengan jernih, sehingga rasionalitas trading anda hilang. 

Harusnya kalau anda mau untung, ya anda perlu belajar analisa teknikal yang banyak. Anda harus praktik bagaimana cara menekan kerugian di saham. Karena itu langkah pertama agar anda bisa mendapatkan untung yang konsisten. Pasanglah target yang realistis, dan jangan muluk-muluk. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.