Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Supaya Bisa Untung di Saham

Anda para pengunjung setia web Saham Gain yang membaca judul pos ini, mungkin anda sudah sering membaca pos-pos saya tentang cara-cara mendapatkan untung di saham. Misalnya disini: Step-Step Menjadi Trader Sukses, Langkah-Langkah Belajar Saham Otodidak, 2 Faktor Keberhasilan Trading Saham.

Mungkin anda sudah nggak asing lagi dengan judul pos diatas. Memang ada banyak step by step belajar saham... Tetapi ada satu hal lagi yang seringkali dilewatkan oleh para pemain saham untuk mendapatkan keuntungan di pasar saham, yaitu: Kemauan anda untuk belajar saham dengan konsisten. Karena memahami step by step belajar saham saja tidaklah cukup. 

Kenapa saya katakan demikian? Faktanya, banyak saya temukan para pemain saham yang baru belajar saham dua-tiga minggu, dan setelah belajar saham trader belum bisa mendapatkan untung, trader berkesimpulan kalau trading saham itu sulit dapat untung... 

Ujung-ujungnya trader mencari coba "jalan pintas" dengan mengikuti rekomendasi2 berbayar dengan harapan mendapatkan keuntungan yang besar dan cepat. Namun hasilnya bukan untung tapi malah rugi. 

Selain anda membayar jutaan untuk mengikuti rekomendasi premium atau seminar2 yang isinya hanya pengantar, anda harus 'membayar' lebih untuk kerugian anda di pasar saham. 

Bagaimana mungkin anda bisa menyimpulkan pasar saham itu sulit mendapat untung padahal anda belum lama mendalami pasar saham?   

Belajar saham itu ibarat seorang anak kecil yang baru belajar jalan. Agar seorang anak kecil bisa berjalan dengan lancar, mungkinkah seorang anak kecil melakukannya hanya dalam sehari, seminggu? 

Tentu saja tidak. Agar anak kecil bisa berjalan, dia harus berlatih berjalan terus setiap hari. Bahkan di dalam proses latihan berjalan itu, anak kecil mungkin akan tersandung, jatuh, terluka, menangis dan sebagainya. 

Namun setelah melalui tahapan2 ini, seorang anak akhirnya bisa berjalan dengan lancar, tidak perlu dituntun lagi dalam berjalan, bahkan bukan hanya berjalan tapi sudah bisa berlari. 

Sama dengan belajar saham. Tidak logis anda menyimpulkan anda tidak bisa profit, sulit untung, padahal anda baru belajar sebentar. Kalau anda mau untung di saham, anda harus praktik. Anda harus mengulangi terus proses belajar saham. 

Jadi cara supaya anda bisa untung di saham adalah: Repeat, repeat and repeat again.  Ulangi terus praktik2 trading yang anda lakukan. Dengan mengulangi dan mengulangi proses2 trading ini, anda akan menjadi trader yang mahir. Dengan terus mengamati, anda akan menjadi trader yang tahu apa yang harus anda lakukan di pasar saham. 

Kalau anda rugi sekali, jangan menyerah. Evaluasi apa yang menjadi penyebab anda rugi, agar anda tidak mengulanginya lagi. Jangan hanya karena anda sekali dua kali rugi, anda menyerah dan mencari cara2 instan yang justru itu sebenarnya akan membuat anda rugi lebih banyak. 

Mentalitas-mentalitas trader seperti inilah yang mulai sekarang harus anda ubah. Tanpa anda sadari, kalau anda terus mengulangi proses2 trading dan pembelajaran, dapat untung di saham itu tidaklah susah. 

Nah, itulah kenapa dalam praktik2 trading, saya memberikan praktik2 trading saham dalam bentuk Ebook Trading ketimbang membentuk grup yang umumnya grup saham lebih banyak berisi percakapan2 yang kurang mengena untuk trading. Anda bisa disini: Ebook Saham Pilihan Trader Terbaik. 

Karena dengan adanya ebook, anda bisa terus mengulangi membaca terus, mendapatkan pencerahan trading yang barus, mengulangi praktik, mengulangi trading anda.. Sehingga dengan membaca, praktik, mengulang anda bisa menjadi trader yang mahir (sophisticated trader).  

Setiap hal yang anda ulangi dan resapi akan menjadi kebiasaan, sehingga nantinya anda akan tahu apa yang harus anda lakukan dalam trading maupun investasi. Memahami teori saja tidak cukup, anda harus mengulangi proses2 trading secara terus-menerus. 

Di pos ini, ada beberapa kata kunci yang saya kasih bold, yaitu: 

Kemauan anda untuk belajar saham dengan konsisten
Belajar saham itu ibarat seorang anak kecil yang baru belajar jalan
Repeat, repeat and repeat again.  
- Kalau anda terus mengulangi proses2 trading dan pembelajaran, dapat untung di saham itu tidaklah susah. 
- Dalam praktik2 trading, saya memberikan praktik2 trading saham dalam bentuk Ebook Trading ketimbang membentuk grup yang kurang mengena untuk trading. 

Anda sudah dapat clue-cluenya? Untung di saham harus anda lakukan dengan proses. Praktikkan, terapkan, ulangi. Sekali dua kali anda rugi, atau prediksi anda meleset, bukanlah alasan anda gagal. 

Belajarlah saham pada media-media di mana anda bisa banyak ilmu praktik2 langsung, dan bisa membuat anda jadi trader yang mandiri. Kalau mau mahir menangkap ikan, belajarlah untuk terus menangkap ikan dengan benar, jangan hanya meminta ikan tanpa anda tahu prosesnya. 

Itulah cara supaya anda bisa untung di pasar saham. Semua kembali lagi pada diri anda.. Apakah anda mau untung di saham? Apakah anda mau bisa memilih saham sendiri? Kalau ya, anda harus mulai praktik. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.