Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisa Teknikal untuk Membaca Saham Bagus

Analisis teknikal diciptakan agar membantu anda membaca pergerakan saham-saham yang bagus. Saham yang bagus itu kriterianya bisa bermacam-macam. Saham yang sudah diskon, saham yang breakout, saham yang likuid, saham yang mudah naik, saham2 yang bukan saham gorengan. Saham2 tersebut bisa dikatakan sebagai saham bagus, untuk seorang trader tentunya. 

Namun kalau anda mau menemukan saham2 seperti itu, tentu saja anda harus melakukan analisa teknikal. Karena tanpa analisa teknikal, anda tidak akan bisa mengenal karakteristik saham2 yang bagus buat trading. Anda hanya mereka-reka dan berandai-andai ketika trading. 

Disini: Ebook Panduan Memilih Saham Bagus, saya juga memberikan praktik2 secara langsung tentang bagaimana menemukan saham2 yang bagus, baik saham2 yang sudah diskon secara analisa teknikal yang mudah naik, saham2 yang akan breakout, cara screening saham yang bagus dan layak untuk trading.  

Di beberapa kesempatan, saya pernah mendapatkan pertanyaan2 dari trader: "Pak Heze, analisa teknikal apa yang bagus untuk membaca karakter-karakter saham tertentu. Apakah analisa teknikal yang kita gunakan hari ini, masih bisa berlaku 10 tahun kemudian?"

Semua analisa teknikal itu bagus. Saya tidak bisa mengotakkan analisa teknikal, meskipun dalam praktikknya anda harus melakukan kombinasi2 analisis tersebut untuk mendapatkan variasi dan hasil yang baik.

Walaupun karakter saham itu berbeda-beda, tapi analisa teknikal tetap bisa anda terapkan sampai kapanpun. Dengan kata lain, kalau hari ini anda menggunakan analisa teknikal A dan anda sudah bisa profit konsisten, maka analisa teknikal yang sama tetap anda bisa terapkan 5 tahun kemudian, 10 tahun kemudian. 

Meskipun yang trading saham bisa jadi adalah orang yang berbeda. Yang trading saham bisa jadi bertambah banyak dibandingkan tahun2 sebelumnya. Tetapi konsep dasar analisa teknikal tidak akan pernah berubah. 

Nggak percaya? Anda bisa cek tahun berapa indikator2 saham seperti MA, RSI ditemukan. Anda bisa cek bahwa cara membaca candlestick, garis tren itu akan selalu sama penerapannya sampai hari ini.  

Jadi untuk menemukan analisa teknikal yang bisa anda gunakan untuk mengetahui saham2 apa yang bagus, anda harus mempraktikan sendiri di dalam sistem trading anda dan anda harus mampu melakukan screening saham sebelum anda trading. Baca juga: Panduan Memilih Saham Bagus. 

Poin penting lainnya, anda harus menyesuaikan analisa teknikal yang anda gunakan dengan karakter sahamnya. Jika selama ini anda sering untung menggunakan analisa teknikal / sistem trading yang sama, dan kemudian anda rugi, bisa jadi bukan analisa teknikalnya yang berubah, tapi karakter sahamnya yang cenderung berubah atau marketnya yang lagi jelek.

Mungkin saja: Sahamnya yang jadi tidak likuid, kinerja perusahaan tiba2 berubah jadi jelek sehingga sahamnya jadi saham tidur dan masih banyak faktor lainnya. Kalau karakter saham berubah dan anda menganggap bahwa saham tersebut tidak menguntungkan lagi, maka anda bisa keluarkan saham anda dari daftar stock pick.  

Saran saya, di dalam trading jangan sibuk mencari analisa teknikal terbaik yang bisa memberikan keuntungan berlipat tanpa anda perlu menganalisis. 

Hal ini akan menyesatkan anda untuk membeli program2, sistem trading, rekomendasi berbayar yang harganya jutaan Rupiah, tapi anda sebenarnya cuma dapat 'kulitnya' saja. 

Analisa teknikal itu bersifat umum. Artinya, analisa teknikal bisa diterapkan untuk membaca saham apapun itu. Baik saham di Indonesia maupun saham di luar negeri. 

Jadi anda sendirilah yang harus fleksibel dalam mempraktikkan analisa teknikal untuk trading, dan kombinasikan analisa yang anda gunakan dengan karakter sahamnya. Jangan terlalu terpaku dengan kata orang. Jangan terlalu terpaku sama teori.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.