Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Pola Bullish Harami Saham UNTR

Salah satu pola bullish saham jangka pendek yang terkadang muncul di grafik analisa  teknikal saham adalah pola bullish harami. Secara sederhana bullish harami merupakan pola candle di mana candlestick pertama suatu saham membentuk pola penurunan harga saham yang cukup tajam (body candlestick panjang). 

Namun kemudian, pola candlestick berikutnya diikuti dengan kenaikan harga saham. Body candle kedua berada di dalam body candle pertama. Jadi formasinya, body candle kedua lebih kecil dibandingkan body candle pertama. Gambaran pola bullish harami kurang lebih seperti gambar dibawah ini: 
www.sahamgain.com

Pola bullish harami pernah beberapa kali saya temukan ketika mengamati analisa teknikal grafik, salah satunya seperti yang pernah terjadi pada saham UNTR. Untuk lebih jelasnya, perhatikan grafik UNTR dibawah ini: 


Bisa anda perhatikan yang saya beri tanda persegi. Itulah contoh pola bullish harami yang terjadi pada suatu saham. UNTR berada di harga terendah 27.525 dan berhasil ditutup di harga 28.600. Saya sendiri membeli UNTR di harga 27.800. Berikut trading UNTR saya: 


Saya juga pernah membahas tentang pola saham ini pada halaman watchlist saham di Saham Gain. Anda bisa baca tulisan saya disini: Rekomendasi Saham. Pola bullish harami mengindikasikan bahwa harga saham mulai siap untuk rebound dalam jangka pendek, karena setelah mengalami pola penurunan yang tajam, harga saham setelahnya membentuk kenaikan / rebound. 

Perhatikan saham UNTR selama dua hari setelah adanya pola bullish harami tersebut: 


Saham UNTR berhasil mengalami kenaikan selama dua hari, dengan harga tertinggi UNTR di 30.275 dan penutupan UNTR di harga 29.725. Hal ini menunjukkan bahwa bullish harami bisa menjadi salah satu pola yang bisa memberikan sinyal rebound pada trader. Pola ini pada umumnya berlaku untuk trading jangka pendek. 

Tentunya, anda juga harus mempertimbangkan kondisi-kondisi lain seperti tren, likuiditas saham tersebut (jangan sampai anda membeli saham2 gorengan), kondisi market dan lain-lain. 

Bagi anda yang ingin mempelajari lebih banyak praktik-praktik analisa teknikal secara langsung untuk mendapatkan profit dalam trading (bukan hanya sekedar teori), anda bisa mendapatkan materi full dan lengkap yang saya susun disini: Belajar Saham Pemula - Expert. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.