Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Mengukur Kemampuan Analisa Teknikal Trader

Pernahkah anda mengukur kemampuan analisa teknikal anda? Apa kegunaan anda mengetahui kemampuan analisa anda? Gimana cara mengukurnya? 

Anda perlu mengetahui sejauh mana anda bisa mengaplikasikan analisis teknikal ke dalam PRAKTIK TRDING LANGSUNG, bukan hanya sekedar teori. Mengapa? Karena di pasar saham ada banyak sekali analisa teknikal yang bisa menjadi pilihan trader. 

Bahkan, boleh saya katakan analisa teknikal itu sebenarnya tidak terbatas. Ada banyak sekali indikator yang bisa digunakan untuk menganalisa saham. Dalam satu indikator pun, time framenya bisa diubah-ubah. Misalnya, satu indikator moving average bisa menggunakan time frame MA 5, MA 15, MA 25, MA 50,  MA 100, MA 200 dan lain2. Interpretasinya pun bisa berbeda-beda dari tiap penggunaan time frame. 

Belum lagi analisa-analisa teknikal klasik seperti candlestick, chart pattern dan lain-lain. So actually analisa teknikal di pasar saham itu tidak terbatas. Anda perlu mempelajarinya, tetapi yang lebih penting adalah anda bisa mempraktikannya. 

Itu artinya kalau ada trader yang bisa membaca semua indikator, semua analisa teknikal anda belum bisa disebut sebagai trader yang pintar, jago, pasti bisa profit. Karena banyak trader yang bisa membaca analisa teknikal, namun belum bisa mendapatkan profit dari saham. 

Banyak trader yang merasa pintar hanya karena bisa membaca puluhan macam indikator, tetapi tidak bisa mempraktikkannya dan memilah indikator mana yang cocok untuk karakternya.  

Untuk mengukur kemampuan analisa teknikal anda, memang anda sendiri yang mengetahui, karena setiap anda memiliki pengalaman trading dan karakter yang berbeda, sehingga analisa teknikal yang cocok untuk anda, hanya anda yang paling paham. Bagus tidaknya analisa teknikal untuk trading, tidak bisa disama-ratakan setiap trader. 

Tapi supaya nggak semuanya tergantung anda, maka saya berikan satu ukuran agar anda bisa dikatakan naik level dalam trading: PROFIT ANDA MENINGKAT atau ANDA BISA UNTUNG KONSISTEN. 

Sekarang coba anda ukur kemampuan analisa anda berdasarkan dua kriteria yang saya sebutkan tadi. Apakah dengan analisa teknikal yang anda gunakan untuk trading, profit anda sudah bisa meningkat? Jika dulu anda sering rugi, dan sekarang anda sudah mulai dapat untung terus, maka level trading anda sudah meningkat. Anda sudah menemukan analisa teknikal yang setidaknya cocok untuk anda sampai saat ini dan hanya perlu anda asah terus. 

Kalau anda sudah bisa untung konsisten dari trading saham, itu artinya kemampuan analisa teknikal anda sudah bagus. Analisa yang anda gunakan, yang selama ini bisa menghasilkan profit konsisten, perlu anda pertahankan (anda tidak perlu bergonta-ganti lagi analisa teknikal). Baca juga: Cara Mengukur Profit Konsisten Saham. 

Tetapi jika anda belum bisa menjawab apakah dua ukuran itu sudah bisa anda dapatkan, maka anda perlu mengasah kembali analisa teknikal anda. Tentunya, jangan lupa untuk mempelajari analisa teknikal yang penting, yaitu tren, support-resisten, candlestick, chart pattern dan kombinasi indikator.  

[Anda yang ingin bisa belajar analisa teknikal dari pemula - expert, serta bisa mempraktikkan secara langsung analisa teknikal untuk mendapatkan profit, anda bisa mendapatkan praktikknya disini: Buku Saham].


Dari apa yang sudah kita bahas, dapat kita katakan bahwa kemampuan analisis anda tidak diukur dari banyak sedikitnya anda bisa membaca analisis teknikal. Kemampuan anda lebih diukur pada praktikal yang bisa anda terapkan sendiri. 

Anda yang bisa menggunakan 3 macam analisa teknikal saja yang bisa anda terapkan langsung dalam trading, tetapi bisa menghasilkan untung yang konsisten, anda dapat dikatakan lebih mahir / expert dibandingkan trader yang bisa menggunakan banyak analisa, namun tidak bisa mempraktikannya untuk mendapat profit konsisten. 

Tapi jika anda pemula, anda memang harus belajar membaca banyak analisis teknikal, indikator dan lain2. Karena nggak mungkin anda tiba2 bisa langsung dapat profit konsisten, dan langsung tahu analisa yang cocok untuk anda. Nah dari sini nanti, anda tinggal mempraktikannya dan melihat mana yang sesuai dengan karakter anda masing2. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.