Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Langkah Awal Profit Saham: Belajar Saham Mandiri

Pada saat awal belajar saham, anda pasti akan mencari berbagai referensi belajar saham. Mulai belajar saham dari rekomendasi, grup, ulasan-ulasan para analis, pendapat-pendapat analisis teknikal dari para trader dan masih banyak lainnya.  

Memang dalam belajar saham, anda butuh mentor untuk memulainya, karena tidak ada trader maupun investor saham yang tiba-tiba bisa mengerti tentang saham, bisa dapat untung kalau tidak memulai dengan belajar dari berbagai referensi. 

Saya pribadi saat masih pemula juga membutuhkan banyak referensi agar saya bisa mendalami banyak praktik analisis teknikal. Beberapa media belajar saham yang sering saya gunakan antara lain belajar saham dari buku, dari broker, teman yang lebih senior, dan sering-sering membaca rekomendasi serta ulasan saham dari para analis sekuritas. 

Tapi meskipun anda sudah mencari berbagai referensi untuk belajar saham dan meningkatkan pengetahuan anda tentang analisis teknikal, ujung-ujungnya ya anda harus tetap BELAJAR SAHAM MANDIRI.

Karena anda trading saham pakai modal anda sendiri. Anda yang memutuskan sendiri untuk beli dan jual saham. Anda yang harus mengembangkan trading anda sendiri. Itu artinya, anda yang memegang penuh tanggung jawab sebagai seorang trader / investor. Itulah kenapa anda harus bisa belajar saham secara mandiri, jangan menjadikan media-media belajar saham yang ada sebagai ketergantungan anda

Di pos ini: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak, saya pernah menuliskan tentang pentingnya belajar saham otodidak, serta langkah2 untuk belajar saham otodidak. 

Sayangnya, saya sering menemukan trader yang ujung2nya justru menjadikan sarana belajar saham sebagai ketergantungan. Dengan kata lain, masih banyak trader yang tidak mau belajar saham mandiri. Banyak trader yang keberatan untuk melakukan analisa secara mandiri. 

Trader yang ingin dapat untung cepat seringkali mencoba untuk mencari 'jalan pintas' dengan mengikuti grup-grup saham berbayar yang di dalamnya banyak pilihan-pilihan saham rekomendasi (padahal rekomendasi di grup belum tentu benar, dan belum tentu juga sesuai dengan karakter trading anda). Akhirnya anda sudah bisa tebak hasilnya: Bukannya untung, malah buntung. 

Jadi walaupun anda belajar saham dari berbagai sumber, tapi anda tetap harus bisa, dan harus memulai melakukan analisis saham secara mandiri. Untuk bisa menjadi trader yang sukses, anda harus menjadi trader yang mandiri dan rajin melakukan analisa, riset saham. 

Belajar saham mandiri bisa dimulai dengan mulai memahami sendiri semua praktik trading yang dibutuhkan, mulai dari praktik analisa teknikal lanjutan, memahami psikologi trading yang benar, menyusun trading plan, menerapkan manajemen modal trading, dan lain-lain. 

Anda bisa mendapatkan materinya disini: Buku Saham. Di mana pada materi-materi tersebut, saya memberikan praktik2 secara langsung mengenai semua hal yang anda butuhkan, dan bisa anda terapkan secara langsung dalam trading. 

Sehingga, anda bisa menjadi trader yang mandiri dengan menerapkan trading dan analisis saham yang benar secara langsung, bukan hanya sekedar mengikuti grup, atau rekomendasi tanpa bisa mempraktikkan sendiri trading yang bisa mencetak profit untuk anda sendiri. 

Ibaratnya, anda harus belajar menangkap ikan, bukan meminta ikan secara terus menerus. Karena kalau anda terus meminta ikan, tanpa belajar cara menangkap ikan, sampai kapanpun anda tidak akan tahu cara menangkap ikan sendiri. 

Belajar saham mandiri itu penting, karena anda tidak akan pernah menemukan grup yang membimbing anda secara intens. Anda juga tidak akan pernah menemukan orang benar2 terus bisa memberikan anda analisis yang sangat detail dan akurat secara privat. 

Anda tidak akan pernah menemukan suatu sistem trading berbayar (seperti yang sering dijual di luar dengan harga puluhan juta), yang benar-benar akurat, yang membuat anda pasti profit nggak pernah meleset. 

Kalaupun ada trader yang benar2 jago, mereka juga tidak mungkin memberikan bocoran, analisa kepada anda setiap saat, karena semua trader juga memiliki kesibukan analisa saham sendiri. Paham sampai disini?  

Semua kembali lagi, grup saham apapun yang anda ikuti, analis siapapun yang sering anda baca, ulasan-ulasan trader yang master, tidak bisa anda jadikan patokan untuk kesuksesan trading. Kesuksesan trading harus dimulai dari anda sendiri yang melakukan analisa dan mempraktikannya secara langsung.  

Karena dengan belajar saham mandiri, anda pasti akan lebih fokus dalam melakukan analisis saham, sehingga cepat atau lama point by point nya nanti akan anda dapatkan, yaitu anda bisa mengetahui karakter trading anda sendiri. Anda bisa mengetahui saham apa yang cocok untuk anda. Baca juga: Belajar Saham Mandiri Pemula - Master.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.