Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Investasi Saham untuk Mahasiswa, Berikut Caranya

El Heze
Saat ini investasi saham sudah bisa dilakukan oleh kalangan mahasiswa. Yap, pengenalan pasar saham tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah bekerja. Mahasiswa juga mulai didorong aktif untuk mempelajari pasar saham, karena investasi harus mulai anda lakukan sedini mungkin. Anda tidak perlu menunggu tua untuk memulai investasi. Anda tidak perlu menunggu kaya alias berduit untuk bisa menabung saham.

Bahkan sebagian kampus sudah banyak yang melakukan edukasi saham kepada mahasiswa dalam bentuk Sekolah Pasar Modal (SPM) atau Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM). 

Tapi untuk mahasiswa, memang anda harus mulai belajar dari tahapan awal. Anda tidak saya anjurkan untuk langsung membeli saham dalam jumlah besar, karena ada banyak hal yang harus anda pelajari di pasar saham. 

Nah anda yang masih mahasiswa dan punya keinginan kuat untuk memulai belajar saham, berikut adalah langkah-langkah investasi / trading saham untuk mahasiswa:  

1. Membuka rekening saham

Jika anda ingin membeli saham, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka rekening saham. Setelah anda memiliki rekening saham, anda barus bisa melakukan suntik modal ke rekening saham, dan anda bisa mulai membeli saham. 

Untuk membuka rekening saham, anda tidak harus datang ke kantor sekuritas. Anda bisa membuka rekening saham secara online. Untuk langkah2 belajar saham dan membuka rekening saham, anda bisa download ebook gratis yang saya terbitkan disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.  

2. Mulai menabung 

Supaya bisa membeli saham, anda membutuhkan modal. Maka dari itu, anda harus mulai menabung agar modal anda cukup untuk membeli saham. Bijaksanalah menggunakan uang jajan anda, agar anda bisa menggunakannya untuk investasi. Untuk mahasiswa, mulailah dengan modal sekecil mungkin Rp1-2 juta. 

Akan lebih bagus lagi jika anda sudah memiliki penghasilan tambahan (misalnya jualan pulsa, kaos dan lain2) ketika anda masih mahasiswa. Sisihkan penghasilan tambahan anda untuk anda investasikan di saham, 

3. Banyak membaca referensi buku atau artikel tentang saham 

Membeli saham tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jika anda ingin mendapatkan profit, maka anda harus banyak mempelajari dari berbagai literasi seperti buku, artikel saham mengenai cara membeli saham yang benar. 

Anda bisa baca-baca ebook saham yang saya terbitkan mengenai strategi-strategi menguasai trading saham dan cara membeli saham yang benar disini: Buku Saham. Dengan banyak belajar, anda akan lebih memahami saham2 apa yang layak dibeli secara analisis. 

4. Membeli saham-saham yang bagus 

Anda dianjurkan untuk membeli saham-saham yang bagus seperti saham2 blue chip. Saat ini banyak saham blue chip dengan harga terjangkau yang bisa anda beli dengan modal kecil seperti HMSP, TLKM, BBRI. Jangan tergoda untuk membeli saham-saham gorengan yang mengandung risiko tinggi. 

5. Menjalankan strategi compounding 

Agar anda bisa menambah modal dengan cara yang lebih cepat tanpa harus melakukan suntik modal setiap bulan, anda bisa melakukan strategi compounding. Secara sederhana, compounding berarti menambah modal melalui profit yang anda dapatkan di saham. 

Jadi profit yang anda dapatkan di saham, anda masukkan lagi sebagai modal tambahan untuk trading saham. Dengan demikian, anda tidak perlu melakukan suntik modal terlalu sering. Tetapi modal anda bisa bertambah melalui profit saham anda. Anda bisa baca-baca artikel saya tentang compounding disini: Cara Menambah Modal untuk Trading / Investasi Saham.

Itulah 5 cara / tahapan investasi saham untuk mahasiswa. Bagi anda mahasiswa yang ingin memulai investasi saham, ikuti dan terapkan tahapan-tahapan tersebut. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.