Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mudah Screening Saham Bagus

El Heze
Istilah screening saham sering muncul ketika anda trading. Memang, screening saham sangat penting untuk anda aplikasikan dalam trading. 

Yap sebelum anda membeli saham, anda hendaknya melakukan screening saham terlebih dahulu. Bahkan screening saham harus anda lakukan secara berkelanjutan, agar anda bisa mendapatkan saham-saham pilihan yang bisa terus anda tradingkan, yang sesuai dengan karakter anda, sehingga anda bisa meminimalkan risiko kerugian, dan meningkatkan profit konsisten. 

Secara sederhana, istilah screening saham mengacu pada pemilihan saham-saham yang berkualitas untuk trading. Mengapa anda tidak boleh mengabaikan screening saham trading?

Di pasar saham jumlah saham kita ada ratusan (bahkan dalam beberapa waktu kedepan, akan berkembang menjadi ribuan). Akan tetapi jumlah saham yang likuid, layak ditradingkan dan punya potensi besar memberikan keuntungan untuk trader tidaklah banyak. Baca juga: Panduan Simpel dan Efektif Screening Saham Bagus. 

Faktanya, banyak saham yang lebih sering 'digoreng' bandar dan saham2 yang tidak likuid. Banyak trader yang terjebak dalam memilih saham2 yang salah untuk trading, sehingga trader tidak bisa membuahkan profit yang maksimal.  

Pernahkah anda membeli saham, dan setelah saham anda beli, saham tersebut langsung anjlok? Atau pernahkah anda mengalami saham anda nyangkut berbulan-bulan (bahkan bertahun-tahun dan belum kembali), atau anda pernah mengalami cut loss yang sangat besar? 

Inilah pentingnya anda melakukan screening saham, agar anda tidak mudah terjebak dalam pemilihan saham yang salah. 

Beberapa waktu ini, saya pernah beberapa kali mendapat pertanyaan rekan-rekan trader: "Pak Heze, kalau kita masih pemula bagaimana cara melakukan screening saham yang gampang untuk trading? Mengingat jumlah saham di BEI sangatlah banyak.'

Berikut beberapa langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk melakukan screening saham (terutama untuk anda yang bingung memilih saham untuk trading): 

1. Memilih saham yang menarik perhatian anda 

Anda yang bingung memilih saham saat jam trading, langkah pertama yang anda lakukan, anda bisa memilih saham2 yang menurut anda menarik perhatian anda selama jam trading. Kemudian analisalah hanya saham2 yang menarik perhatian anda tadi, sehingga anda bisa fokus hanya pada saham2 tersebut. 

Jika saham2 tersebut memberikan profit untuk anda, anda bisa masukkan saham2 tersebut ke dalam stock pick anda. Jika saham tersebut tidak cocok untuk anda, anda bisa memilih saham2 yang lain. 

2. Belilah saham yang pergerakannya menurut anda paling bagus 

Jika anda tertarik mengamati 2-4 saham selama jam trading, anda bisa memilih saham2 yang menurut anda pergerakan paling bagus, dalam arti likuid (banyak buyer-seller), dan fluktuatifnya lebih cepat, serta grafiknya lebih mudah anda analisa. 

Itulah cara yang paling dasar untuk melakukan screening saham, terutama untuk anda yang binging harus menganalisis saham apa saat jam trading. 

Praktik lebih lengkap dan komprehensif memilih saham bagus dengan cara yang simpel, untuk mendapatkan saham2 pilihan trading, bisa anda dapatkan praktiknya disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus. 

Jadi disini, anda akan melakukan praktik langsung bagaimana cara:  

- Screening saham2 yang bagus, yang punya potensi naik jangka pendek.
- Memilih stock pick untuk trading.
- Memilih saham yang pola2nya layak ditradingkan.
- Screening saham2 yang murah secara analisa teknikal.
- Membedakan saham yang layak trading dan tidak.
- Screening saham yang paling simpel dan efektif untuk profit.
- Screening saham untuk swing dan scalping trading. 
- Bukti-bukti profit yang saya dapatkan dengan menerapkan screening saham.
- Dan masih banyak lainnya. 

Dengan demikian, anda bisa mendapatkan saham-saham yang bisa anda tradingkan secara rutin (stock pick). Tujuan akhir screening saham adalah supaya anda bisa mendapatkan PROFIT KONSISTEN. 

Kalau selama ini anda sering dapat untung jumbo, tapi setelah itu anda mengalami kerugian yang lebih besar. Anda yang selama ini belum bisa mendapatkan profit maksimal di saham, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah: Anda belum melakukan screening saham. Maka dari itu, jangan melupakan screening saham ketika trading. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.