Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mendapatkan Info Market Saham

El Heze
Anda yang sering melihat ulasan-ulasan market dari kantor sekuritas, broker, analisa, seringkali mereka tidak lupa mencantumkan pergerakan indeks saham luar negeri khususnya indeks saham dari bursa Amerika Serikat, pergerakan bursa saham Asia dan lain2. Contohnya seperti gambar dibawah ini



Info market berarti selain anda mengetahui ulasan market, anda juga perlu mengetahui pergerakan market di luar negeri (penutupan bursa luar negeri di hari sebelumnya). Walaupun info bursa luar negeri bukanlah informasi atau analisis utama yang harus anda gunakan untuk trading, tetapi mengetahui kenaikan / penurunan bursa luar juga penting. 

Apa pentingnya mengetahui pergerakan bursa luar negeri? Saya pernah membahasnya disini: Makna Indeks Saham Dunia bagi Pemain Saham. Anda bisa baca-baca kembali.  

Di pos ini saya akan membahas sedikit tentang cara mendapatkan info market, terutama info market bursa-bursa di luar negeri seperti Indeks Dow, Nasdaq, S&P, Nikkei dan lain-lain, karena belakangan ini, saya pernah mendapatkan pertanyaan dari beberapa rekan trader tentang cara melihat pergerakan bursa luar negeri tersebut. 

Sebenarnya ada banyak situs web yang menyediakan info market tersebut. Di beberapa software saham, bahkan juga menyediakan info market tersebut. Yahoo Finance, RTI Business juga menyediakan info market tersebut. Namun di pos ini, saya akan memberikan info market yang tampilannya cukup simpel, enak dilihat, dan anda bisa lihat setiap saat (di PC maupun smartphone anda, tanpa harus buka software trading. 

Salah satu situs yang sering saya jadikan acuan untuk melihat info market saham adalah Marketwatch. Anda bisa buka link-nya disini: Marketwatch Info Saham. Setelah itu, anda akan melihat tampilan seperti pada gambar dibawah ini: 

Sumber: Marketwatch.com

Disini anda bisa melihat berbagai macam indeks saham dunia, bukan hanya bursa US, tapi bursa Eropa, Asia. Itulah cara mendapatkan info indeks saham dunia yang cukup komplit, yaitu melalui Marketwatch. 

Biasanya dalam trading, indeks Amerika seperti Indeks Dow Jones seringkali dijadikan salah satu acuan indeks dunia, termasuk trader saham Indonesia untuk melihat kemungkinan pergerakan IHSG keesokan harinya. 

Terkadang ketika Indeks Dow Jones saat malam hari ditutup koreksi tajam, maka bisa jadi IHSG keesokan hari bisa cenderung koreksi mengikuti pergerakan Dow Jones, terutama kalau IHSG sudah naik tinggi, maka ini bisa jadi sinyal profit taking. 

Sebaliknya, terkadang saat Indeks Dow Jones sedang naik tajam, maka IHSG cenderung mengikuti pergerakan Dow Jones keesokan harinya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.