Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Memilih Saham yang Tepat untuk Trading

El Heze
Sudahkah anda memilih saham2 anda untuk trading? Pertanyaan ini harus bisa anda jawab sebelum anda memutuskan untuk membeli saham. Memilih saham bukan hanya sekedar anda membeli saham ketika jam trading. Dalam memilih saham, kita juga bicara untuk konteks jangka panjang. 

"Apa maksudnya jangka panjang Pak Heze?" Tanya anda 

Tujuan anda memilih saham adalah untuk menghasilkan PROFIT KONSISTEN. Jadi ketika anda bicara tentang profit konsisten, maka anda harus bisa memilih saham yang bisa menghasilkan keuntungan bagi anda dalam jangka waktu yang lama. 

Banyak trader yang bisa dapat untung besar dalam waktu cepat, namun tidak lama kemudian trader harus menelan kerugian yang lebih banyak daripada keuntungan yang didapatkan sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa trader belum mampu memilih saham yang tepat untuk trading. 

Memilih saham dalam istilah tradingnya seringkali disebut dengan SCREENING SAHAM. Baca juga: Cara Melakukan Screening Saham

Dengan memilih saham, berarti anda harus mengetahui saham-saham apa yang sesuai dengan karakkter trading. Anda juga mengetahui saham apa yang layak untuk ditradingkan, dan saham2 yang tidak layak ditradingkan. Memilih saham untuk trading harus anda lakukan karena: Pola saham dapat berubah sewaktu-waktu. 

Saham yang hari ini anda beli, sangat mungkin pola sahamnya di kemudian hari tidak sebagus sekarang. Sedikit bercerita tentang pengalaman konkrit trading saya. Saya dahulu sangat suka mentradingkan saham2 Lippo terutama LPKR, SILO dan LPPF. Namun sekarang saham2 tersebut polanya tidak sebagus dulu, dan harganya terus downtrend. 

Saya juga menemukan saham2 yang dulunya likuid, tetapi sekarang tidak banyak yang mentradingkan. Ada banyak alasan, terutama karena menyangkut perubahan fundamental perusahaan. 

Nah, kalau anda punya skill untuk menyaring, menyeleksi, melakukan screening saham, anda akan bisa membedakan saham-saham mana yang layak untuk trading, dan saham2 yang tidak layak untuk trading. Sebaliknya, anda juga akan mampu mengetahui saham-saham mana yang punya potensi naik, dan saham2 yang bisa ditradingkan sesuai karakter anda. 

MEMILIH SAHAM YANG TEPAT, BAGAIMANA CARANYA?

Memilih saham yang tepat bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, melakukan pengujian analisis teknikal secara konsisten. Kalau anda mau memilih saham yang tepat, anda harus menggunakan indikator dan analisis teknikal lainnya secara konsisten. Jangan berganti analisis, sebelum anda memastikan bahwa indikator2 tersebut tidak cocok untuk anda.  

Kalau anda baru saja pakai indikator MA dan RSI, lalu anda ubah lagi dengan MACD, anda tidak akan tahu seberapa akurat indikator2 tersebut dalam trading anda, sehingga anda tidak bisa mengetahui saham yang bagus berdasarkan analisis anda. 

Kedua, tradingkan beberapa saham yang sama. Di pasar saham, ada banyak sekali saham, dan setiap tahun jumlah saham pasti akan terus bertambah. Maka dari itu, untuk memilih saham yang tepat dan sesuai dengan karakter anda, anda harus mencoba mentradingkan beberapa saham. 

Dengan mentradingkan beberapa saham, anda akan mempelajari karakter2 saham tersebut. Sehingga perlahan anda akan mendapatkan pola saham, dan kecenderungan pergerakannya. 

Banyak trader yang mencoba trading di bermacam-macam saham, sampai puluhan saham, sehingga akhirnya trader tidak dapat fokus dalam melakukan screening, yang pada akhirnya membuat trader menjadi bingung dalam mengambil keputusan trading. 

Cara memilih saham lainnya, anda juga bisa mendapatkan praktik-praktik yang jauh lebih lengkap, intens yang membahas mengenai cara-cara melakukan screening saham lanjutan, agar anda bisa mendapatkan saham2 yang layak untuk anda tradingkan. 

Sekaligus anda juga bisa membedakan saham yang polanya bagus, dan saham2 yang polanya tidak layak trading. Anda bisa baca disini: Buku Trading Saham: Panduan Simpel dan Efektif Menemukan Saham yang Bagus. Tujuan akhirnya adalah supaya anda bisa mendapatkan profit konsisten di saham. 

Seperti yang pernah saya tuliskan disini: Variasi Analisis Teknikal Saham, analisis teknikal sebenarnya tidak pernah usang. Penerapan indikator analisis teknikal yang sama dapat anda gunakan sampai kapanpun.  

Namun yang lebih penting lagi, anda harus bisa menyesuaikan analisis teknikal dengan karakter trading anda. Caranya? Ya itu tadi, anda harus bisa memilih / screening saham yang tepat untuk trading. 

Sekarang saatnya anda melakukan praktik trading.... Salam profit. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.