Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Waktu Terbaik untuk Investasi Saham

El Heze
Investasi saham adalah salah satu jenis investasi yang bisa memberikan keuntungan, dan pelipat-gandaan aset (profit) dalam jangka panjang. Saya sendiri sebagai trader dan juga investor saham, merasakan sendiri bagaimana perkembangan modal yang saya tanamkan di saham, dibandingkan ketika saya hanya menyimpan uang dalam bentuk tabungan. 

Seperti yang sering saya bahas di web Saham Gain ini, bahwa investasi maupun trading saham berarti anda membeli saham perusahaan go public di Indonesia. Di Indonesia, banyak sekali perusahaan2 go public yang punya prospek bagus. 
Perusahaan-perusahaan besar di Indonesia 

Banyak sekali rekan-rekan pemula yang bingung kapan harus memulai investasi saham. Bahkan tidak sedikit dari rekan-rekan yang menunggu investasi saham ketika sudah memiliki duit banyak. Hal ini kurang tepat. 

Waktu terbaik untuk investasi saham, adalah dengan cara melakukannya sekarang. Anda tidak perlu menunggu duit banyak baru melakukan investasi. Anda tidak perlu menunggu untuk jadi kaya, kemudian anda baru investasi. Investasi saham bukan hanya untuk orang kaya.

Mulailah investasi saham dengan cara yang simpel. Anda bisa memulai dengan modal kecil. Belilah saham secara bertahap. Bagi anda yang belum memiliki banyak modal, anda bisa menambah modal dengan menggunakan strategi compounding. 

Apa itu compounding? Anda bisa baca pos yang pernah saya bahas disini: Cara Menambah Modal untuk Trading / Investasi Saham. Dengan memulai bertahap, anda akan mampu mengembangkan modal anda, sehingga anda akan mendapatkan pelipatgandaan aset dalam jangka panjang. 

Mengapa anda perlu memulai dengan modal kecil? Karena anda baru memulai investasi / trading. Jadi anda tidak disarankan langsung menggunakan modal besar. Menggunakan modal kecil secara bertahap untuk investasi, bisa menjaga psikologis, dan berdampak pada pengambilan keputusan yang lebih baik. 

Namun semua itu bisa anda lakukan apabila anda mulai action. Nah, sebelum anda memutuskan beli saham, bekali dahulu diri anda dengan pengetahuan yang benar. Kalau anda mau trading saham, gunakan analisis teknikal. Kalau anda bertujuan menjadi investor, perdalam analisis fundamental. Sebagai gambaran, perhatikan rangkuman tentang memulai investasi saham dibawah ini: 

Sahamgain.com

Jadi untuk memulai investasi saham, anda tidak perlu menunggu. Anda tidak perlu menunggu untuk kaya. Anda tidak perlu menunggu berumur. Yang anda butuhkan adalah persiapan ilmu (analisis teknikal untuk trader dan analisis fundamental untuk investor) dan modal kecil yang anda siapkan secara bertahap.

Carilah saham-saham yang anda paham dengan produknya. Anda juga bisa mengincar saham-saham blue chip yang aman untuk investor, dan saham2 mature company yang rajin membagikan dividen, dengan demikian anda mendapatkan dividen setiap tahunnya. Baca juga: Investasi Saham: Growth Company vs Mature Company.

Sekarang saatnya anda investasi saham. Tunggu apalagi? 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.