Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Menjadi Trader Harian yang Bijaksana

El Heze
Di pasar saham, mayoritas pebisnis saham adalah TRADER. Hal inilah yang membuat harga saham yang biasa anda amati setiap hari terus bergerak naik dan turun. Memang ada banyak trader yang "merangkap" sebagai investor. 

Namun tetap saja para trader inilah yang jumlahnya sangat mendominasi di pasar saham. Trader (yang saya katakan) aktif membuat adanya pergerakan harga adalah trader harian (intraday trader).  

Cukup banyak rekan-rekan yang bertanya pada saya tentang strategi melakukan trading harian, yang bisa mencetak profit dalam waktu yang lebih cepat. 

Trader harian inilah yang sebenarnya membuat pasar saham bisa bergerak dinamis, karena mereka kerap kali melakukan trading dalam waktu yang lebih cepat. Saya sendiri juga menyisihkan beberapa persen modal saya untuk trading harian, dan mengasah ketajaman analisis trading cepat. 

Sama seperti trading lainnya, anda membutuhkan analisa teknikal, dan hal utama lainnya adalah memahami momentum trading yang tepat agar bisa mencetak profit dari intraday trading. Saya pernah bahas praktik intraday trading disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Tetapi harus anda ketahui, bahwa trading harian sebenarnya memiliki "tekanan" yang lebih besar dibandingkan jenis-jenis trader lainnya karena: 

- Trader harian harus bisa mendapatkan profit dalam jangka pendek. Maka dari itu, anda harus bisa memprediksi saham yang bisa naik cepat. 

- Trader harian bisa bisa terjebak dalam euforia dan ketagihan trading. Trader yang bolak-balik bisa dapat untung harian, biasanya cenderung ketagihan untuk trading terus. Hal ini bisa berbahaya, karena ketagihan trading justru membuat rasionalitas anda hilang, sehingga anda hanya trading terbawa pada emosi, yang menyebabkan pengambilan keputusan trading anda menjadi tidak objektif. 

Maka dari itu, kalau anda ingin trading harian, jadilah trader harian yang bijaksana. Maksud saya adalah, anda harus membeli saham berdasarkan pada analisa dan pemahaman trading yang benar. Jangan beli saham karena hanya karena anda ingin untung cepat. 

Jangan mudah senang saat anda bisa mendapatkan profit dalam jangka waktu yang relatif singkat. Anda harus mengatur ritme trading anda. Walaupun anda bisa untung terus dari trading harian, namun jangan nekad menggunakan modal besar kalau anda masih baru pemula. 

Semua jenis trading, baik trading harian ataupun jenis trading lainnya seperti positioning trading, swing trading, sebenarnya tidak berbeda dalam hal mengatur emosi dan psikologis anda. 

Banyak anggapan yang salah bahwa trading harian bisa dilakukan setiap saat, bisa profit terus dalam jangka waktu singkat. Anggapan-anggapan seperti ini pada akhirnya membuat tradeer lengah dan tidak bisa mengatur ritme trading yang layak. 

Trader harian yang bernafsu dapat untung dan untung terus, tidak akan bisa membaca kondisi market yang bagus untuk trading cepat. Nah, seberapa banyak dari anda yang maunya untuk harian, tapi justru terjebak membeli saham-saham yang salah? Baca juga: Tips Profit Trading Saham Harian. 

Jika anda ingin  menjadi trader yang sukses mencetak profit jangka pendek dari intraday trading, maka anda harus menjadi trader yang bijaksana itu tadi. Yap, selain anda butuh mengetahui analisis untuk trading harian, anda juga harus menjaga emosi, psikologis, ritme trading, karena dalam trading anda tidak harus melulu beli saham. Ada waktunya anda menunggu. Ada waktunya anda istirahat sejenak dari trading. 

Anda para trader harian atau para pengincar profit jangka pendek, terapkan semuanya ini dalam trading anda. Memang bukan berarti ketika anda menerapkan, anda bakalan langsung untung besar. Sama halnya dengan kesuksesan, profit konsisten dari trading dibangun dari sebuah proses dan kebiasaan yang baik. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.