Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Grup Saham Tidak Menjamin Anda Profit

Saat ini ada banyak perkembangan media belajar saham. Salah satu media belajar saham yang sekarang sering dicari trader adalah grup saham premium. Baca juga: Media untuk Belajar Saham.

Karena saya sering mendapat pertanyaan dari rekan-rekan: "Pak Heze, grup saham apa rekomendasinya paling akurat?"

Saya pribadi juga sering juga sering dapat request untuk membuat grup saham, maka saya meluangkan waktu untuk menulis pos ini. 

Penulis sendiri dulu sudah pernah beberapa kali mencoba bergabung di grup2 premium saham. Kalau anda yang belum pernah bergabung, disini saya bisa memberikan sedikit gambaran tentang grup saham premium. 

Grup saham premium berarti anda harus membayar sejumlah biaya yang sudah ditetapkan, kemudian anda baru bisa join di grup dan bisa mendapatkan rekomendasi saham yang diberikan. Jadi anda akan dapat update saham2 yang bisa anda beli untuk trading termasuk beberapa ulasan teknikalnya. 

Di grup, biasanya para trader juga bisa berdiskusi tentang saham (selama jam trading). Semakin ramai dan aktif anggota grup saham, maka grup tersebut akan semakin menarik. Itulah sekilas tentang grup saham premium yang pernah saya join. 

Di pasar saham sendiri, banyak trader pemula yang masih belum mengerti bagaimana cara memilih saham. Oleh karena itu, para trader mencoba mencari profit di pasar saham dengan cara bergabung di grup premium, karena trader berharap bisa mendapatkan profit yang lebih besar setelah mengikuti rekomendasi saham premium. 

Tidak ada salahnya anda bergabung di grup saham premium, namun berdasarkan pengalaman saya, grup saham yang dikemas sebagus apapun itu, sama sekali tidak bisa menjamin anda untuk bisa mendapatkan profit. 

Ah masa sih? Protes anda 

Dalam trading, yang paling penting untuk anda lakukan adalah: CIPTAKAN GAYA TRADING ANDA SENDIRI. Gaya trading bukan dibentuk dari apa yang di share di grup saham. Gaya trading anda ciptakan dari PENGALAMAN, RISET, PRAKTIK yang totally anda lakukan sendiri. 

Rekomendasi saham di grup berbayar belum tentu sesuai dengan style trading anda. Banyak juga trader yang akhirnya tidak tahu dan hanya langsung membeli saham dari menu rekomendasi berbayar yang sudah disajikan, di mana rekomendasi berbayar tersebut juga belum tentu 100% akurat. 

Tidak sedikit trader yang akhirnya menunggu respon dari para "master" di grup saham, untuk langkah selanjutnya (apakah harus cut loss, take profit dan sebagainya). Dan tidak selalu respon tersebut anda dapatkan dengan cepat. 

Ujung2nya, anda tetap tidak akan tahu kenapa anda membeli saham. Hal ini beda kalau anda trading saham berdasarkan analisis anda sendiri, anda screening sendiri, riset sendiri dan praktik langsung. Baca juga: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak. 

Sayangnya banyak trader yang bergabung di grup saham dengan tujuan mendapatkan profit yang besar. Inilah yang salah. 

Tujuan anda trading harusnya supaya anda bisa menciptakan gaya trading yang sesuai dengan karakter pribadi. Gaya trading pribadi bisa tercipta apabila anda mencoba untuk menganalisa sendiri, dan praktik trading. 

Nah kalau anda bisa menciptakan gaya trading yang cocok dan nyaman untuk anda, anda pasti akan mendapatkan profit. 

Itulah yang menjadi alasan mengapa di Saham Gain ini, saya jauh lebih suka memberikan materi2 belajar saham yang sifatnya praktik langsung, yang bisa anda pelajari dan kembangkan sendiri sesuai style anda, bukan materi yang sifatnya rekomendasi yang sifatnya mendikte anda (dalam tingkat yang lebih buruk, bisa menyebabkan trader menjadi tergantung pada rekomendasi). 

Saya lebih suka memberikan materi2 praktik dalam bentuk ebook. Anda bisa baca disini: Buku Pilihan Trader Saham Terbaik. Materi-materi yang bisa anda kembangkan sendiri jauh lebih baik ketimbang anda mengandalkan grup yang belum tentu sesuai dengan karakter trading anda. 

Materi2 yang saya buat tujuannya adalah supaya anda bisa memilih saham anda sendiri, dengan demikian anda sudah mengantongi bekal untuk mendapatkan profit yang anda dapatkan dari pengalaman anda sendiri. 

Jadi kesimpulannyaaaa....

Grup saham sebenarnya sifatnya hanya untuk pelengkap. Sebagai pelengkap untuk menambah pengetahuan anda tentang saham, menambah daftar saham pilihan untuk anda analisa lebih lanjut. 

Tetapi.... 


Jangan menjadikan grup saham untuk mendapatkan profit besar. Jangan bergantung pada grup saham kalau anda ingin profit dan sukses di pasar saham. Kesuksesan anda, ditentukan oleh kemauan dan USAHA yang anda lakukan. Sebagus apapun grup saham, tidak ada grup saham yang bisa menjamin profit untuk membernya. 

Ini juga menjawab pertanyaan rekan2 trader kenapa saya belum bikin grup saham, karena saya lebih suka memberikan praktik yang bisa anda kembangkan, yang bisa membuat anda lebih mandiri dan PROFIT KONSISTEN dalam trading. Baca juga: Belajar Saham Pemula - Expert. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.