Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Membeli dan Menganalisa Saham bagi Pemula

Bagaimana cara menganalisa saham untuk saya yang masih pemula, apalagi jumlah saham ada ratusan? Bagaimana cara kita memilih saham dari sekian banyak saham yang ada? 

Pertanyaan ini sering saya terima dari para trader pemula. Yap, saya sendiri waktu pertama kenal dunia saham, saya tidak bisa membayangkan bagaimana cara membeli dan menganalisa saham nantinya, karena jumlah saham yang di Bursa Efek cukup banyak.

Tentu saja tidak masuk akal kalau kita harus memilih saham secara random untuk trading. Banyak trader yang melakukan hal ini (pilih saham secara acak), dan justru membuat trader seolah seperti kehilangan arah di pasar saham.

Namun untuk seorang pemula, membeli dan menganalisa saham memang tidak mudah. Banyak trader yang ketika sudah dihadapkan dengan pergerakan market yang sesungguhnya, trader benar-benar bingung, apa yang harus dilakukan. 

Saham apa mau dibeli? Saham apa yang bakalan naik? Saham apa yang harus dianalisis? Saham apa yang cocok untuk tipe trading saya?

Pertanyaan2 ini selalu ada di benak para pemula. Tetapi sebingung apapun anda dengan saham. Se-awam apapun anda dalam trading. Anda tetap harus punya 'bekal' terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk membeli saham. 

1. Langkah paling penting: Bekal Analisis Teknikal

'Bekal' yang saya maksud adalah ANALISIS TEKNIKAL. Anda harus pahami dahulu analisis teknikal, sebelum anda memutuskan untuk terjun langsung dalam dunia trading. Jadi langkah pertama membeli dan menganalisa saham untuk pemula adalah: Paham analisis teknikal. 

Kemudian anda bertanya: "Tapi Pak Heze, mesikpun sudah mendalami analisa teknikal, saya tetap saja bingung memilih saham". 

Dengan belajar analisa teknikal bukan berarti anda akan langsung profit besar. Memang hal ini bisa saja terjadi. Namun, trading saham adalah suatu proses, yaitu proses untuk mendapatkan profit secara konsisten (bukan hanya sekedar profit besar). Baca juga: Trading Saham: Profit Besar atau Profit Konsisten? 

2. Memilih Indikator yang Cocok

Langkah kedua, setelah anda mempelajari analisa teknikal, maka anda bisa memulai melakukan pemilihan indikator dan analisa2 yang harus anda gunakan untuk trading, di mana analisa2 ini nantinya 

Indikator analisa teknikal ada bermacam-macam. Anda harus bisa mempelajari indikator analisis teknikal yang bagus untuk anda terapkan dalam trading, dan menggunakan indikator2 yang umum, mudah digunakan. Baca juga materi tentang praktik analisa teknikal disini: Buku Saham. 

Hal ini bertujuan supaya anda tidak menggunakan terlalu banyak analisa teknikal, karena sebagai pemula,, anda harus fokus dalam menggunakan analisa teknikal. 

Artinya setelah anda memilih indikator trading, gunakanlah terus indikator secara konsisten, jangan gonta-ganti. Anda bisa berganti indikator jika indikator yang anda gunakan sudah tidak cocok untuk anda (tidak menghasilkan profit). Baca juga: Cara Menemukan Indikator Trading Terbaik. 

3. Mulai membeli saham dengan lot kecil

Bagi pemula, anda harus memulai beli saham dengan lot kecil. Artinya, mulai beli saham dengan modal kecil. Walaupun anda sudah mempelajari analisa teknikal, tetapi anda tidak disarankan untuk membeli saham dengan modal jumbo, karena anda masih dalam tahap belajar. 

Sayangnya, banyak trader pemula yang nekad beli saham dengan modal yang besar, akhirnya mereka justru terjebak dalam kerugian. Satu lagi, pemula harus belajar dulu untuk mengontrol emosi dan psikologis tradingnya. Oleh karena itu, anda harus memulai beli saham dengan modal minim dahulu. Kemudian, setelah skill trading anda berkembang, anda baru bisa menambah modal. 

4. Lakukan screening saham lanjutan

Screening saham, baik untuk pemula maupun untuk anda yang sudah expert, anda harus tetap melakukannya. Screening saham berarti anda memilih saham2 yang sesuai dengan pola anda, cocok untuk anda tradingkan. Cara melakukan screening saham lanjutan pernah saya bahas disini: Buku Trading Saham: Panduan Simpel dan Efektif Menemukan Saham yang Bagus.

Melakukan screening saham secara konsisten, merupakan tahap awal anda untuk bisa mendapatkan profit konsisten di pasar saham. Baca juga: Pengalaman Trading Saham:  Berapa Lama Trader Bisa Dapat Profit Konsisten? 

Untuk pemula, mulai lakukan 4 tahapan ini ketika anad mau memutuskan untuk membeli saham. Yang jelas, tahapan paling penting adalah memahami analisa teknikal terlebih dahulu. Jika anda sudah paham tentang analisa teknikal, anda akan lebih mudah untuk melangkah, karena analisa teknikal adalah senjata untuk anda trading. 

Dan satu lagi, anda harus melakukan semua dengan berproses, karena untuk mendapatkan untung di pasar saham, anda harus mau memulai dan mengalaminya sendiri. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.