Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Saham Setiap Hari, Mungkinkah?

Beberapa waktu lalu, saya pernah mendapatkan pertanyaan dari salah seorang rekan trader. Pertanyaannya kira-kira sebagai berikut:  

"Bung Heze kalau kita sudah bisa untung konsisten, apakah mungkin dengan trading setiap hari, kita juga bisa meraih profit yang konsisten? Terutama kalau kita sudah terbiasa menghadapi fluktuatif market"

Anda yang punya pikiran sama untuk bisa meraih profit dari trading setiap hari, saya selalu jawab: mungkin. Di pasar saham, semua kemungkinan bisa saja terjadi. Anda untung besar dalam waktu cepat. Anda untung ratusan persen sekalipun anda pemula, sangat mungkin. Tapi ada beberapa hal yang perlu anda ketahui.. 

Ada kalanya pasar saham sangat bagus untuk trader, terutama kalau market lagi bullish. Atau saat IHSG membentuk pola yang sama berulang-ulang selama beberapa bulan, maka kondisi itu bagus untuk anda yang ingin trading setiap hari, dan mengincar short term profit. 

Tapi kawan, tidak setiap saat pasar saham bersahabat untuk trader. Ada saat-saat di mana harga saham turun terus. Ada saat di mana IHSG bearish berhari-hari. Tentu saja, kondisi seperti ini sebaiknya tidak anda terjang dengan membeli banyak saham, karena risikonya sangat besar. 

Kembali ke pembahasan kita di awal: Apakah mungkin melakukan trading setiap hari? Apakah bisa profit konsisten dengan trading tiap hari? 

Saran saya untuk anda yang punya frekuensi trading cukup banyak: Boleh-boleh saja anda sering trading (beli dan jual saham dalam waktu cepat). Akan tetapi, trading hendaknya tidak dilakukan setiap hari. 

Sering melakukan trading bagus untuk anda yang suka trading harian. Lha kalau memang anda cocoknya trading harian ketimbang trading bulanan, nggak ada salahnya juga kan?  

Namun ada baiknya anda harus memiliki pola trading yang benar. Yang saya maksud adalah, meskipun anda sering trading, anda harus tetap bisa membaca kondisi market, anda harus bisa membaca momentum yang bagus untuk trading. Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk BELI SAHAM. Bukan asal membeli saham setiap hari. 

Momentum bagus dalam trading ini nantinya pasti sering anda jumpai ketika anda mau beli saham. Namun ingatlah sekali lagi, TIDAK SELALU momentum itu tidak datang tiap jam, tiap menit, tiap hari. Karena market itu fluktuatif. 

Hari ini mungkin market sedang bullish. Anda untung banyak dalam waktu cepat. Tapi besoknya tiba2 ada sentimen negatif, dan IHSG langsung drop begitu cepat, who knows?

Nah dengan momentum yang tepat, mengerti saat2 kapan harus trading dan berhenti, anda tetap bisa mencetak profit konsisten walaupun frekuensi trading anda cukup banyak.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.