Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Grup WA untuk Belajar Saham

Sejak web Saham Gain ini saya tulis, dan terus saya update konten, sebenarnya banyak sekali rekan2 yang request untuk membuat grup WA, Telegram, Line dan sejenisnya untuk belajar saham lebih intens. 

Yap, memang kalau di grup WA atau Telegram, diskusi saham bisa berjalan lebih cepat, dan mendapatkan info market. Setiap dari anda saya yakin pasti akan selalu bawa smarthpone ketika bepergian. 

Nah, karena banyak sekali rekan2 yang ingin saya membuat grup WA, maka akhirnya saya meneyempatkan untuk menulis pos ini. Saya memang tidak (belum) membuat grup WA or Telegram secara khusus untuk belajar saham. 

Alasannya? 

Membuat grup saham melalui WA berarti saya membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengelola grup. Entah grup WA gratisan ataupun grup-grup berbayar (premium) seperti yang anda lihat di kebanyakan grup2 saham lain, saya harus meluangkan lebih banyak waktu untuk stay active, baik melalui sharing, menjawab pertanyaan2, ataupun sekedar diskusi melalui grup.

Di satu sisi, saya pribadi juga merupakan trader aktif yang pantau market real time, melakukan analisa, menyusun portofolio untuk trading. Termasuk menerima pertanyaan rekan2 yang berkonsultasi melalui email dan juga WA (rekan2 yang pernah membeli ebook dan bertanya saham secara privat).  

Banyaknya pekerjaan sebagai trader purna waktu, dan juga melayani pertanyaan privat rekan2 tentang saham, mengharuskan saya pribadi untuk lebih fokus. So, kalaupun ada grup WA yang saya buat, kemungkinan besar, saya tidak bisa 100% aktif terus melalui grup WA. 

Ujung2nya anda yang mengiginkan belajar saham lebih intens melalui grup WA justru tidak tercapai. Sayang sekali kan?  Itulah mengapa saya belum membuat grup WA.

Akan tetapi ada penyebab yang lain lagi kenapa saya belum bikin grup WA buat belajar saham. Apakah itu? Silahkan baca teruuuss... 

Namun seperti yang dulu pernah saya tulis di Saham Gain ini, bahwa salah satu keinginan saya menulis web adalah untuk sharing, terutama melalui pengalaman pribadi saya. 

Oleh karena itu, saya terus menulis Saham Gain sebagai bentuk edukasi saham untuk anda. Terutama saya juga ingin agar para trader / investor di Indonesia ini nggak mudah terjebak janji palsu yang bilang kalau trading itu mudah, nggak ada risiko, untung cepat dan lain2. 

Padahal faktanya tidak semudah itu. Itulah mengapa saya menulis web ini. Banyak sekali tulisan2 di web ini. Termasuk saya juga menuangkan seluruh strategi2 trading saham, cara menyusun psikologis yang benar, bagaimana caranya pilih saham yang layak trading di ebook belajar saham. Anda bisa dapatkan materinya disini: Buku Saham Pilihan Trader Pemula - Expert. 

Dan sudah banyak rekan2 yang berhasil menerapkan, mendapatkan banyak sekali ilmu melalui materi-materi yang saya terbitkan di ebook saham di web ini. 

Klik gambar untuk memperbesar

Klik gambar untuk memperbesar

Berikut adalah contoh rekan-rekan yang sudah mendapatkan pemahaman secara langsung tentang saham. Banyak testimonial rekan2 yang sudah mendapatkan banyak ilmu dari materi saham yang saya paparkan. Anda bisa lihat disini: Buku Saham. 

Jadi walaupun saya belum bikin grup WA khusus, saya tetap berusaha untuk menyempatkan diri mengelola web Saham Gain ini, yang saya harapkan bisa memberikan banyak ilmu pada rekan-rekan yang punya niat untuk belajar saham.  

GRUP WA, TELEGRAM, LINE ITU BERMANFAAT ATAU TIDAK??

Kenapa saya belum bikin grup WA? Selain yang saya sebutkan diatas tadi, saya ingin anda menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu: Apakah dengan adanya grup saham, profit anda menjadi lebih baik (naik) daripada sebelumnya? Apakah dengan adanya grup saham yang ramai (membernya) pasti akan menjamin anda bisa meraup untung?

Saya banyak menemukan trader yang bercerita bahwa grup saham ternyata tidak menjamin mereka untuk dapat cuan konsisten. Sebanyak apapun informasi yang diberikan di grup saham, hal itu sama sekali tidak menjamin anda untuk meraih profit yang lebih besar. 

Banyak grup saham yang adminnya justru slow respon. Bahkan, beberapa grup yang pernah saya temukan, di dalamnya juga terdapat bandar, sehingga saham2 yang sudah diprediksi sebelumnya di grup justru sudah diketahui pergerakannya oleh bandar. 

Jadi sebelum anda berpikir bahwa grup saham itu kelihatannya keren, ada banyak informasi di dalamnya dan sebagainya, anda harus pertimbangkan manfaatnya untuk anda secara pribadi. 

Kalau anda bisa melakukan analisa otodidak, dan belajar banyak ilmu dari web Saham Gain ini, actually grup saham khusus tidak terlalu dibutuhkan. 

Materi-materi di web ini, termasuk praktik lebih intens melalui ebook yang saya terbitkan disini: Buku Saham Pilihan Trader, dan Ebook One day Trading, sebenarnya sudah sangat mewakili anda untuk belajar saham plus praktik tradingnya itu sendiri. 

"Apakah kedepan Bung Heze nggak ada rencana bikin grup WA atau Telegram ini?" Tanya anda

Tentu saja saya tetap mempertimbangkan. Tetapi saya masih berpikir agar grup tersebut benar2 memberikan manfaat untuk rekan2. Bukan hanya sekedar grup informasi. 

Anda tetap bisa kontak saya melalui WA: 087859520042, terutama anda yang sudah pernah memiliki ebook saham dan ingin bertanya tentang saham, anda bisa bertanya atau sharing di WA maupun email. 

2 komentar:

  1. Permisi, mau nanya saya baru belajar tentang saham" gtu, apakah jika investasi saham jangka panjang misalnya tahun ini dana nya sudah keluar, trus tahun depan apakah kita harus invest lagi ke perusahaan tsb atau cukup 1 kali aja? Mohon pencerahannya🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus. Bebas. Anda mau beli saham sekali saja untuk investasi atau pakai sistem nabung saham (Beli bertahap) juga boleh saja

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.