Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Pertanyaan Umum tentang Trading / Investasi Saham

Setelah menjalani trading dan investasi saham selama bertahun-tahun, dan mengelola web Saham Gain ini, penulis sering sekali mendapatkan pertanyaan dari rekan-rekan para pembaca web tentang trading dan investasi saham. 

Maka dari itu, di pos ini saya akan merangkum beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh rekan-rekan trader, baik trader / investor pemula, maupun yang sudah trading selama beberapa tahun. 

Jadi anda yang memiliki pertanyaan umum tentang trading dan investasi saham, anda bisa mendapatkan jawabannya di pos ini. 

Pertanyaan tentang BELAJAR SAHAM 

1. Gimana langkah-langkah memulai belajar saham untuk orang awam? 

Memulai belajar saham tentu saja harus anda mulai dengan membuka rekening saham di kantor sekuritas. Baca juga: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta. Setelah itu, anda harus mulai mempelajari analisis2 saham, yaitu analisis teknikal, analisis fundamental, termasuk mempelajari psikologis saham. 

Analisis saham dan psikologis saham, digunakan sebagai dasar utama untuk mengambil keputusan beli dan jual saat trading. Baca juga: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak. 

2. Apakah ada materi khusus untuk memulai belajar saham? 

Banyak materi-materi yang bisa anda gunakan sebagai referensi untuk belajar saham. Penulis sendiri menerbitkan materi belajar saham khusus, yang penulis susun secara lengkap untuk belajar saham pemula - level expert. 

Anda bisa mendapatkan materinya disini: Buku Pilihan Trader Saham - Diskon 15%. Penulis menuliskan semua materi mulai belajar saham pemula, strategi2 mendapatkan profit di pasar saham, manajemen modal, psikologis trading dan lain2. Anda bisa melihat testimonial rekan2 yang sudah menerapkan praktik2 yang ada di ebook trading.

3. Bagaimana cara memulai praktik trading saham yang benar? 

Tentu saja untuk memulai praktik trading / investasi yang benar, anda harus memahami dahulu dasar-dasar analisis saham, dan anda harus mempraktikannya secara OTODIDAK. 

Materi-materi yang penulis susun disini: Buku Pilihan Trader Saham - Diskon 15%, memberikan pada anda mengenai cara praktik trading yang benar, termasuk mempelajari dan membenahi kesalahan2 yang sering dilakukan trader / investor saham. 

4. Saham apa yang bagus untuk trading? 

Saham yang bagus untuk trading umumnya adalah saham2 yang memiliki fluktuatif yang bagus. Baca juga: Memilih Saham yang Bagus untuk Trading. 

Namun, di pasar saham tentu saja saya tidak bisa membatasi anda. Artinya anda harus mencoba sendiri, praktik sendiri, mengalami sendiri trading saham. Dengan demikian anda bisa mengetahui saham mana yang bagus untuk trading. Untuk memilih saham yang bagus untuk trading, anda harus melakukan screening saham. Baca juga: Panduan Screening Saham. 

5. Saham apa yang bagus buat ditabung?  

Nabung saham pernah saya bahas disini: Cara Nabung Saham untuk Pensiun dan Nabung Saham: Pilih Blue Chip atau Value Investing? Terutama cara nabung saham untuk pensiun, perlu anda baca untuk mendapatkan pemahaman yang lebih tepat tentang nabung saham dalam jangka yang panjaaang. 

Pertanyaan tentang MODAL SAHAM 

1. Apakah bisa trading saham dengan modal Rp1 juta? 

Tentu saja bisa. Trading dan investasi saham bukan hanya untuk horang kaya. Anda bisa memulainya dengan modal kecil. Saya pernah menuliskannya disini: Cara Main Saham dengan Modal Kecil. 

2. Sebaiknya memulai trading dengan modal berapa? 

Seorang pemula yang baru belajar saham sebaiknya memulai trading dengan modal sekecil mungkin, mulai Rp1- Rp3 juta, atau maksimal Rp5 juta dengan strategi diversifikasi saham (pegang saham lebih dari satu). 

Pertanyaan umum saham lainnya 

1. Berapa lama jangka waktu untuk memegang saham? 

Tidak ada batasan waktu untuk memegang saham. Anda bisa menjual saham anda kapanpun anda mau. Anda juga bisa menjual saham beberapa menit setelah anda membeli. Semua tergantung keputusan anda. 

2. Bagaimana cara daftar di kantor sekuritas? 

Cara mendaftar kantor sekuritas bisa dilakukan secara offline (datan langsung ke kantor sekuritas) maupun secara online. Anda bisa download ebook gratis tentang panduan membeli saham dan membuka rekening di kantor sekuritas disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

3. Berapa profit yang bisa didapatkan dari saham sehari, sebulan? 

Saya tidak akan jawab berapa persen. Lho kok? Karena besarnya profit setiap orang berbeda-beda. Tidak ada patokan yang pasti. Bahkan anda bisa dapat profit besar saat masih trading satu bulan, tapi bisa jadi itu hanya keberuntungan saja. 

Maka dari itu, anda harus mempraktikkan dahulu trading saham. Dengan demikian, anda akan tahu sendiri berapa besarnya range profit yang sesuai dengan karakter dan kemampuan analisa anda. 

Itulah pertanyaan2 umum tentang trading dan investasi yang sangat sering ditanyakan. Semoga bisa menjawab pertanyaan anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.