Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Perlukah Mengikuti Acara Gathering Saham?

Kalau anda sedang belajar saham, terutama kalau anda bergabung di grup-grup saham, anda pasti sering mendengar acara-acara gathering saham. Acara gathering saham ini kurang lebihnya acara kumpul2 sesama investor / trader, untuk sharing pengalaman, dan informasi2 saham. 

Acara2 gathering saham ini memang cukup diminati oleh pemain saham, karena banyak angapan bahwa dengan acara2 gathering, maka ilmu tentang saham akan semakin bertambah luas.

Beberapa waktu lalu, penulis juga sempat mendapatkan pertanyaan yang cukup menarik dari salah seorang rekan trader. Pertanyaannya sebagai berikut: 

Bung Heze, saya sering dapat ajakan untuk ikut di gathering saham. Entah gathering saham yang diadakan di grup, atau undangan langsung dari teman trader. Apakah sekiranya gathering ini bermanfaat untuk saya??" 

Kalau anda ingin mengetahui apakah acara2 gathering saham bermanfaat untuk anda, anda harus bisa jawab pertanyaan ini sendiri: Apakah setelah mengikuti gathering2 saham, skill main saham anda semakin bagus? Apakah setelah mengikuti acara gathering saham anda bisa mendapatkan profit yang lebih baik di saham? 

Kalau anda merasakan banyak manfaat setelah mengikuti banyak acara gathering saham, maka gathering saham bagus untuk anda. Anda bisa lanjutkan. Tapi kalau tidak? Ada baiknya anda tidak perlu mengikutinya lagi. Hanya anda yang tahu jawabannya. Kenapa demikian? 

Perlu anda ketahui, INTI dari trading / investasi saham itu sendiri adalah untuk MENDAPATKAN PROFIT. Semua orang yang membuka rekening sekuritas, baik yang main saham dengan modal kecil, modal besar. Baik yang trading ataupun investasi, punya tujuan untuk mendapat keuntungan dari saham.

Saya pun melakukan trading dan investasi saham tujuannya: Supaya dapat profit. Terutama profesi trader seperti saya, trading saham bukan hanya sekedar untuk dapat profit, tapi juga sebagai penghasilan utama.  

Jadi jika anda selalu tertarik dengan acara2 gathering saham, namun tidak banyak manfaat yang anda peroleh, maka sebaiknya anda harus lebih fokus untuk melakukan analisa saham sendiri. Baca juga: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak

Melakukan analisa dalam trading dibutuhkan FOKUS, bahkan mungkin anda harus jauh dari keramaianTrust me, kalau anda menganalisa dalam keadaan yang tenang, tidak banyak gangguan sana-sini, maka anda akan mendapatkan banyak pencerahan, banyak pola-pola saham bagus yang mungkin sebelumnya tidak anda sadari. 

Tapi di pos ini saya tidak mengatakan bahwa acara gahtering saham itu tidak bermanfaat. Tidak ada salahnya anda mencoba, karena pengalaman setiap orang berbeda-beda. Bagi sebagian anda, mungkin anda mendapatkan manfaat untuk trading saham anda. Atau mungkin, dengan mengikuti gathering saham, anda justru mendapatkan banyak kenalan, dan anda bisa mendirikan bisnis, who knows?

Hanya saja saran saya, jangan sampai karena adanya gathering saham, tujuan main saham anda: MENDAPATKAN PROFIT jadi terlupakan. Banyak trader yang justru lebih sibuk mencari-cari informasi, cara trading yang baik dari gathering. Nah, inilah yang salah. 

Karena seperti yang saya katakan tadi, untuk bisa mendapatkan profit di saham, sebenarnya kuncinya anda harus bisa, dan harus mau melakukan analisis sendiri (otodidak) secara fokus. Tipe main saham setiap orang berbeda-beda, maka dari itu carilah apa yang paling cocok untuk diri anda.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.