Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Mencapai Financial Freedom dari Saham

El Heze
Ketika mendengar kata-kata 'financial freedom', pasti ada beberapa hal yang ada di dalam benak anda: 

- Tidak usah bekerja 
- Kaya sambil tidur 
- Kondisi financial yang mumpuni 

Yups, setiap dari kita pasti menginginkan financial freedom. Punya penghasilan sendiri, tidak tergantung dari satu pekerjaan, memiliki dana pensiun yang lebih dari cukup, bisa berlibur tanpa takut duit habis.  

Sebenarnya financial freedom bisa diraih dengan berbagai cara. Salah satu cara meraihnya adalah dengan menanamkan modal di saham alias investasi. Berhubung saat ini banyak yang membicarakan tentang program Yuk Nabung Saham, program investasi dengan metode nabung saham ini seringkali dikaitkan dengan financial freedom. Anda bisa baca sedikit tulisan saya disini: Cara Nabung Saham untuk Pensiun. 

Tapi untuk mencapai semuanya itu, anda harus bisa memilih saham yang mampu memberikan return dalam jangka panjang.  Apa maksudnya return dalam jangka panjang? 

Saat investasi saham, banyak investor yang mengincar saham-saham 'jackpot'. Saham 'jackpot sederhanya merupakan saham yang naik drastis dalam waktu cepat (sekitar beberapa bulan sampai setahunan). 

Tapi setelah harga saham sudah mencapai puncak naiknya, atau saat sahamnya sudah tidak banyak dibicarakan lagi, biasanya harga sahamnya akan cenderung stagnan lagi, atau bahkan turun. Dalam beberapa kasus, likuiditas sahamnya bisa turun. 

Setiap tahun memang selalu ada saham-saham seperti ini. Kenapa ada saham tertentu yang bisa naik sangat cepat dalam waktu yang tidak lama? Beberapa alasan utama adalah alasan FUNDAMENTAL. 

Emiten2 yang mengumumkan lonjakan kinerja fundamental yang baik, produknya mendadak mulai populer di kalangan trader, praktisi saham dan investasi, plus PER-nya masih terdiskon, maka saham2 seperti ini harganya akan naik sangat tinggi dalam waktu yang tidak lama. Contohnya? KBLI, PPRO, NIKL, INAF, TOPS dan lain2. 

Return dari saham-saham seperti ini memang jauh lebih tinggi (dalam waktu tertentu) dibandingkan saham2 blue chip. Penulis sendiri sudah beberapa kali dapat saham 'jackpot', dan return yang penulis dapatkan dari saham2 ini  ternyata jauh lebih besar ketimbang saya menyimpan saham blue chip. 

"Terus hubungannya apa dengan financial freedom di saham Pak Heze?" Tanya anda

Kalau anda mau incar financial freedom, dengan cara nabung saham, untuk jangka waktu yang panjaaannggg, maka ada baiknya anda MEMBAGI MODAL untuk nabung saham, di saham2 "jackpot" dan saham-saham yang memiliki risiko rendah, tapi returunnya lebih pasti dalam jangka panjang. 

Masalahnya, menemukan saham2 "jackpot" seperti ini tidak mudah. Kedua, saham-saham seperti ini kenaikannya sulit bertahan lama, beda dengan saham2 blue chip. 

Kalau mau contohnya, anda bisa lihat sendiri histori saham2 seperti BBCA, BBRI, UNVR, BBNI dan lain2 selama 10-15 tahun kebelakang. Anda akan mengerti kenapa saham2 seperti ini lebih bagus untuk financial freedom, dengan mempertimbangkan faktor dividennya juga.  

Banyak sekali investor saham yang ujung2nya cuma ikut2an beli saham2 jackpot, karena mendengar cerita 'sukses investor A, investor B yang dapat duit gede dari saham2 tersebut, dan ternyata setelah dibeli, harganya udah naik tinggi, sehingga returnnya tidak seperti yang diharapkan. 

Ketiga, membeli saham2 yang risikonya tinggi terkadang membuat investor harus bisa menimbang lebih baik kapan mau jual, di harga berapa. Terkadang investor terus cari2 berita sana-sini untuk melihat apakah harga sahamnya masih naik lagi, atau udah mau turun.

Hal ini juga saya alami sendiri. Saat harga sudah naik setinggi langit, saya selalu dihadapkan 2 pilihan: jual dan untung, atau hold dulu karena nanti bisa naik lagi (tapi kalau nggak naik, risikonya harga saham bisa langsung turun drastis).  

Sedangkan kalau anda mau mencapai financial freedom di saham, tentu saja anda tidak disarankan untuk 'terbebani' dengan decision seperti ini. Financial freedom means anda sudah bisa terlepas dari beban keuangan, maupun pikiran-pikiran tentang harga saham turun lagi atau naik terus. 

Financial freedom dari sahan berarti anda bisa menikmati profit, baik dari kenaikan harga saham yang stabil maupun dari dividennya secara rutin. 

Jadi yang dinamakan dengan financial freedom dari saham harus memuat poin-poin berikut ini: 

- Dapat return dalam jangka panjang yang STABIL 
- Mendapatkan dividen secara rutin 
- Bisa menyimpan saham dengan rasa aman 

Artinya, kalau anda mau mencapai financial freedom di saham dalam jangka waktu panjang, mulailah nabung saham dengan membeli saham2 yang risikonya kecil dan returnnya pasti. 

Jika anda mau financial freedom tapi hanya cari saham-saham jackpot yang hanya naik tinggi dalam setahunan, maka bisa anda bayangkan jika anda nekad menyimpan sahamnya untuk katakanlah, 5-10 tahun. Maka kemungkinan besar, risikonya cukup besar untuk anda.

Nggak ada salahnya anda mencari saham2 "jackpot" itu tadi, tapi diversifikasikan modal anda. Sama halnya jika sekarang anda hanya trading saham dan punya keinginan untuk meraih financial freedom, maka mulai sekarang pisahkan modal anda untuk trading dan untuk nabung saham dalam jangka panjang.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.