Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Trading Saham Mandiri

Beberapa waktu lalu, saya pernah mendapatkan pertanyaan dari salah seorang rekan trader melalui email penulis tentang cara belajar saham secara mandiri. Pertanyaannya kurang lebih sebagai berikut: 

"Bung Heze, saya pingin bisa trading saham dan menganalisis saham secara mandiri. Tapi saya masih belum terlalu ahli untuk melakukan analisis saham untuk menentukan timing trading yang tepat. Apakah saya harus ikut Sekolah Pasar Modal khusus, ataukah ada jurusan seperti perkuliahan yang memberikan materi2 khusus tentang trading saham?" 

[Penulis juga berterima kasih kepada rekan2 yang aktif bertanya melalui email. Salah satu ide penulis untuk terus menulis di web Saham Gain, salah satunya karena pertanyaan rekan-rekan trader yang cukup kritis dan menarik untuk kita bahas bersama]. 

Sebenarnya mau tidak mau, belajar saham harus dimulai dengan cara BELAJAR OTODIDAK, karena sehebat apapun anda belajar saham dari para pakar, setiap dari anda adalah unik, dan anda memiliki gaya trading sendiri. 

Apakah tidak ada jurusan atau mentor khusus yang bisa mengajari kita tentang saham Pak Heze? Tanya anda 

Saya yakin di jurusan perkuliahan saat ini sudah banyak diajarkan tentang pasar saham. Penulis sendiri mulai mengenal dunia saham mulai di bangku perkuliahan (saat itu pengenalan pasar saham juga masih minim). 

Namun, analisis-analisis saham yang diajarkan di banhku perkuliahan, atau kalau anda ikut Sekolah Pasar Modal (SPM), sebagian besar sifatnya adalah teori. Artinya, ya tetap saja anda harus bisa belajar saham secara otodidak. 

Teori sangat berguna untuk anda sebagai BASIC. Namun, teori tanpa anda praktik trading secara langsung, tentu tidak akan banyak bermanfaat. 

Untuk mendapatkan profit di pasar saham, anda butuh menguasai banyak hal. Terutama anda harus bisa memahami:

- Strategi2 yang benar untuk masuk di saham yang tepat 
- Memahami bagaimana cara menyusun trading plan
- Melakukan manajemen modal yang benar 
- Memahami cara memilih saham yang bagus dan masih banyak lainnya. 

Itu semua harus anda kuasai. Kalau anda hanya paham analisis teknikal tetapi anda tidak mengerti bagaimana cara menyusun trading plan, maka trading yang anda lakukan akan sulit membuahkan profit yang maksimal. 

Bagaimana cara memahami semua materi yang dibutuhkan oleh trader? Anda harus melakukan praktik secara otodidak, dan anda juga membutuhkan panduan untuk bisa melangkah ke dalam arah trading yang benar. 

Oleh karena itu, saya memberikan panduan belajar saham full praktik pada anda. Anda bisa mendapatkan materi full praktik belajar saham disini: Buku Saham. 

Jadi materi trading saham ini sengaja saya susun secara lengkap mengenai semua materi yang dibutuhkan trader saham untuk bisa mendapatkan profit konsisten di pasar saham, dan bisa melangkah dalam trading yang benar.  

Kalau biasanya anda menemukan materi-materi trading saham yang terpisah-pisah (psikologis saham satu buku tersendiri. Analisis teknikal satu buku tersendiri. Trading plan satu buku tersendiri), maka di ebook saham ini, saya menggabungkan semua materi trading penting menjadi satu. 

Seperti yang saya tuliskan disini: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak, belajar saham harus dimulai dari belajar otodidak, karena dengan cara ini anda akan mengerti tipe yang paling cocok untuk anda.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.