Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Bagaimana Cara Profit Terus di Saham?

Beberapa waktu lalu, pernah ada seorang trader bertanya pada saya melalui email suksesbelajarsaham@gmail.com. Isi pertanyaannya kurang lebih sebagai berikut: 

"Pak Heze, bagaimana cara supaya kita bisa dapat profit terus di saham anti cut loss? Apakah ada analisa-analisa khusus yang bisa membuat prediksi saham kita jadi jauh lebih akurat? Mohon di share tipsnya"

Kalau anda punya pertanyaan yang serupa, maka saya jawab anda tidak akan pernah bisa 100% benar di pasar saham. Dengan kata lain, anda tidak akan pernah bisa sempurna dalam trading maupun investasi. Nah lho?

Pada saat anda terus trading, rajin menganalisa, menyempatkan waktu untuk melakukan evaluasi atas trading anda, dalam jangka waktu tertentu yang mungkin terjadi adalah anda akan menjadi trader yang jago dan handal, DIBANDINGKAN ANDA SEBELUMNYA (bukan dibandingkan dengan trader lain). 

Namun tetap saja tidak ada trader yang benar2 sempurna, yang benar teruuuusss tanpa ada meleset2nya sama sekali. 

Saya kasih satu contoh. Anda beli saham HMSP di 3.700. Lalu anda jual di 3.800. Ternyata HMSP naik lagi sampai 3.900. Nah, secara hitung2-an profit, anda sebenarnya 'meleset'. Kenapa? Logikanya, kalau anda bisa jual di 3.900 ngapain harus jual di 3.800?

Namun anda dan saya tidak akan bisa mengetahui harga saham di masa mendatang. Itulah  mengapa anda harus punya trading plan, punya psikologis trading yang benar, harus bisa melakukan analisis otodidak, yang tidak tergantung pada apa kata orang. 

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan agar dapat profit di pasar saham, dengan analisa yang benar termasuk cara mengatur psikologis trading. Saya pernah membahas banyak sekali strategi trading disini: Buku Saham.  

Nah tiga hal utama yang menunjukkan bahwa anda semakin mahir dalam trading saham, atau bahasa kerennya: Anda sudah mulai menuju sophisticated trader/ investor (trader / investor yang berpengalaman) adalah

1. Analisis anda semakin banyak yang tepat 

Katakanlah dulu anda menganalisis 30 saham. 20 diantaranya prediksi anda meleset dan 10 berhasil membuahkan profit. Tetapi sekarang dengan menganalisis 30 saham, 25 kali prediksi anda benar, dan hanya 5 kali prediksi anda meleset. 

Ini artinya, level main saham anda sudah naik alias anda sudah semakin mahir.  Darimana anda bisa tahu kalau level main saham anda sudah naik? 

Hanya anda yang bisa menjawab. Coba bandingkan anda yang dulu dengan anda yang sekarang. Apakah sekarang anda lebih banyak benar dalam memprediksi saham dibandingkan beberapa tahun yang lalu?  

Semakin tepat analisa saham anda dari waktu ke waktu, anda harus MEMPERTAHANKAN ANALISA ANDA. Anda nggak perlu cari-cari analisa yang  paling / lebih sempurna. Baca juga: Strategi-Strategi Analisis Teknikal. 

2. Lebih mampu memilah saham 

Semakin mahir anda, salah salah satunya ditunjukkan dengan kemampuan anda untuk memilah saham: Mana saham yang cocok untuk anda, mana saham yang tidak sesuai tipikal anda. Mana saham yang bisa memberikan peluang gain lebih besar, dengan tingkat risiko yang rendah untuk anda.

Mungkin anda waktu pertama beli saham, anda seperti nahkoda yang kehilangan arah. Anda asal beli saham. Anda nggak tahu saham-saham apa yang sangat berisiko. Anda nggak tahu saham apa yang peluang profitnya lebih besar. 

Tapi kalau anda sekarang sudah bisa memilah saham, anda sudah tahu momen-momen yang tepat untuk membeli saham, anda sudah bisa meminimalkan RISIKO, Artinya, anda sudah mulai mencapai level sophisticated trader / trader expert. Baca Juga: Panduan Simpel dan Efektif Memilih Saham yang Bagus. 

3. Profit anda semakin meningkat 

Jika dulu anda banyak rugi / loss, sekarang anda sudah bisa mendapatkan profit yang lebih konsisten. Anda bisa dapat profit yang lebih besar, dengan kerugian yang lebih kecil. Jadi poin tiga ini masih berkaitan dengan poin pertama, di mana kalau anda semakin mampu untuk menganalisa saham, profit yang anda dapatkan akan lebih besar. 

Dari poin-poin yang saya tulis diatas, saya sama sekali tidak menyebutkan anda akan menjadi trader yang sempurna yang tidak pernah salah atau meleset. 

Tidak ada cara agar prediksi trading / investasi anda tidak pernah meleset sama sekali. Yang ada, LEVEL TRADING ANDA JAUH LEBIH BAGUS, dibandingkan anda yang sebelumnya. 

Nah, semua ini bisa anda capai kalau mau menganalisis, trading, dan belajar, dan berproses. Hanya dengan cara inilah anda bisa mendapat profit yang lebih konsisten. Baca juga: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.