Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Memantau Saham Real Time untuk Trader

Anda mungkin sering mendengar istilah "real time" pada saat trading. Mungkin anda dengar dari berita-berita saham, teman anda, analis, broker dan lain2 tentang istilah real time ini. Sebelum saya membahas lebih jauh tentang kegunaan real time di saham, anda harus tahu apa itu real time (untuk istilah trading saham).

Real time adalah waktu yang sebenarnya / yang sedang berlangsung saat ini. Jadi memantau saham real time berarti memantau pergerakan saham-saham pada saat jam trading. 

Memantau disini bukan hanya memantau grafiknya. Tetapi memantau seluruh pergerakan fluktuatif naik-turunnya harga saham tersebut. Jadi mulai memantau kekuatan bid dan offer sahamnya, memantau running trade, grafik, net buy, net sell dan informasi lainnya. 



Seorang trader pernah bertanya pada saya: "Apakah perlu trader itu memantau saham terus secara real time? Apakah dengan memantau real time, bisa membuat trader dapet profit lebih banyak?"

Perlu anda ketahui, tujuan trader memantau saham real time adalah untuk mendapatkan POLA. Pola yang saya maksud adalah pola kecenderungan pergerakan harga saham, tingkat fluktuatif harga saham, minat pasar terhadap saham tersebut, tingkat kecepatan naik turunnya harga saham. Sehingga dengan mengetahui hal2 tersebut, anda akan bisa membedakan saham mana yang layak ditradingkan untuk trading cepat, swing trading. 

Anda juga akan bisa membedakan mana yang sahamnya termasuk dalam junk stock alias saham gorengan, saham likuid dan saham yang tidak likuid. 

Jadi dengan memantau saham real time, anda bisa memilah-milah saham mana yang sebaiknya ditradingkan untuk jangka pendek, atau anda hold terlebih dahulu (nggak perlu keburu-buru untuk jualan cepat). Anda juga bisa memutuskan untuk menghindari saham2 yang pergerakannya tidak rapi, yang cukup berisiko untuk seorang trader.

Dengan kata lain, memantau saham real time juga berguna sebagai dasar / analisis tambahan anda dalam memilih saham untuk menghasilkan profit. 

Tapi memang untuk urusan memantau real time ini seringkali dilakukan oleh pekerjaan seorang full time trader atau pekerjaan trader yang punya banyak waktu khusus untuk saham. Di satu sisi, tidak semua trader punya banyak waktu untuk memantau saham secara real time. 

Beberapa trader yang punya banyak kesibukan seringkali bertanya pada saya: 

"Pak, gimana cara milih saham kalau kita nggak punya waktu untuk pantau saham real time? Apakah tanpa memantau real time kita tetap bisa dapat profit?"

Tentu saja bisa. Untuk mendapat profit di pasar saham, anda tidak harus pantau terus real time. Apabila anda tidak punya banyak waktu untuk memantau saham, anda bisa mencoba cara-cara ini untuk memilih saham2 yang bagus: Cara Memilih Saham untuk Part-Time Trader. 

Intinya, serajin apapun anda memantau saham secara real time, anda tetap harus melakukan analisa grafik juga, karena bagaimanapun juga keputusan beli jual saham terbaik adalah ketika anda sudah menganalisis grafiknya secara detail. Analisa real time ini sebagai analisa tambahan untuk memperkuat. 

Jadi untuk anda yang tidak punya waktu memantau saham real time, lakukan langkah2 seperti yang saya tulis di pos tersebut. Agar anda mampu melakukan pemilihan saham dengan benar walaupun tanpa memantau saham real time (menggunakan analisa grafik yang lebih dalam(, anda bisa membaca praktikknya disini: Panduan Simpel Memilih Saham yang Bagus. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.