Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trader Saham Sukses Vs Trader Saham Asal-asalan

Di pasar saham ada bermacam-macam tipe trader. Tipe trader yang saya maksud di pos ini berkaitan dengan kesungguhan trader dalam menjalankan aktivitas trading. Ada pemain saham yang benar-benar serius belajar saham, mau menyusun trading plan, mau menganalisis saham dengan benar. 

Tapi ada juga pemain saham yang setengah-setengah dalam menjalankan analisis. Ada trader saham yang mudah "mencontek" analisa dari para analis dan kemudian membeli saham mentah-mentah tanpa melakukan analisa sama sekali. Bahkan banyak trader saham yang langsung menyerah saat rugi. 

Nah dalam kehidupan nyata, pada saat anda benar-benar ingin mendapatkan sesuatu atau ingin mencapai tujuan anda, usaha yang anda lakukan pasti akan jauh lebih keras dan effort serta tenaga yang anda kerahkan akan jauh lebih besar, dibandingkan saat anda menganggap sesuatu hal tidak terlalu penting, maka tentu anda tidak akan terlalu berusaha untuk mencapainya. Hal inilah yang membedakan anda sedang benar2 berniat mencapai target anda atau tidak. 

Dalam trading saham pun juga sama. Jika anda:

- Mau berproses
- Mau belajar saham dengan benar
- Mau menganalisis sendiri
- Tidak menyerah saat analisa anda meleset 
- Bersedia bangkit dari kerugian 
- Mau praktik trading / investasi 
- Belajar lebih keras 

Maka anda sebenarnya sedang berproses untuk menjadi trader . investor saham sukses, atau bahasa kerennya menjadi sophisticated investor (investor/ trader yang berpengalaman). 

Sebaliknya jika anda terus mengeluh saat IHSG turun, anda jarang melakukan analisa namun ingin cepat profit, anda tidak memiliki proteksi modal, anda mudah menyalahkan pasar saham saat rugi, maka anda bisa dikatakan seorang pemain saham asal-asalan. 

Membaca pos ini mungkin anda berpikir: "Berarti untuk menjadi trader saham sukses kita nggak bisa santau,  harus beli saham tiap hari, memantau market terus, menganalisa tiap hari."

Tidak, bukan begitu maksud pos ini. Intinya untuk menjadi seorang pemain saham yang sukses, anda harus praktik, evaluasi, dan bersedia menerima kondisi pasar saham bullish dan bearish, siap menerima kerugian. Kalau anda mau sukses menjadi trader, anda perlu membangun mental trading yang kuat. 

"Tapi Bung Heze, saya kan masih buta arah soal saham. Gimana caranya belajar saham?" Gumam anda.. 

Disinilah sebenarnya anda diuji, apakah anda benar-benar bisa memulai dari start (menjadi trader pemula) sampai menjadi seorang trader saham pro, atau anda belajar saham dan kemudian putus di tengah jalan. Baca juga: Belajar Saham Lengkap. 

Keseriusan belajar saham ini tentu bukan hanya ditujukan untuk pemula, karena banyak trader yang trading selama beberapa tahun, namun akhirnya memutuskan untuk berhenti karena malas menganalisa, tidak siap menerima rugi.. Jika anda ingin sukes, anda harus mengeluarkan usaha yang lebih besar untuk bisa menjadi trader yang handal. 

Nah setelah membaca pos ini, apakah anda termasuk dalam jalur trader saham sukses atau trader saham asal-asalan? Hanya anda yang bisa mengevaluasi trading anda.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.