Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

3 Kunci Sukses dalam Bisnis Saham

Dalam main saham, anda semua pasti menginginkan profit yang besar. Banyak pemain saham yang mencoba berbagai macam cara untuk meraih profit besar di saham, tapi semuanya tidak sesuai dengan harapan. 

Apakah anda mengalami hal tersebut? Apakah anda sudah trading lebih dari 5 tahun namun portofolio anda masih acak adut? Sebenarnya sukses di saham tidak bisa diperoleh dengan cara yang instan. Semua trader maupun investor pasti pernah mengalami kondisi-kondisi: 

- Rugi / loss
- Saham dibeli langsung turun
- Kerugian besar
- Saham nyangkut 
- Saham dijual malah naik lagi 
- Saham yang tidak dibeli naik, saham yang dibeli sideways 

Semua itu adalah bagian dan SENI dalam main saham. Dengan mengalami hal2 tersebut, anda akan mendapatkan banyak pengalaman, dan lebih tahu apa yang harus dilakukan seteah rugi. Jadi sebenarnya, kerugian ataupun saham nyangkut, itu bisa menjadi pembelajaran anda. Kedepan, kalau anda sudah mengetahui apa kesalahan anda, anda pasti akan tetap bisa bertahan di pasar saham, sebagus dan seburuk apapun kondisi IHSG saat itu. 

Nah karena semua pemain saham tidak akan pernah bisa menghindari gejolak di pasar saham, maka untuk meraih kunci sukses di pasar saham sebenarnya kuncinya hanya 3 M. 

3 M yang saya maksud adalah: Money management, mentality, method. Apa maksudnya? Mari kita bahas satu per satu. 

1. Money management 

Dalam bahasa Indonesia adalah manajemen modal. Modal adalah nyawa anda dalam trading. Selama anda punya duit, anda bisa trading. Tapi kalau duit anda habis saham sekali (rugi), anda tidak akan bisa membeli saham apapun. Jadi kenapa money management ini masuk di poin pertama? Ya karena inti dari main saham itu: Anda harus punya modal. 

Sebesar apapun kerugian anda di pasar saham, selama modal anda masih ada, anda masih bisa bangkit. Anda masih bisa belajar. Anda masih bisa recovery dari kerugian anda. 

Artinya, anda harus bisa meminimalkan kerugian sekecil mungkin agar modal anda untuk main saham tetap bertahan. Tapi bukan hanya sekedar itu. Dalam money management, anda harus mampu menggunakan strategi2 trading yang benar, yang bisa menghasilkan portofolio saham yang ciamik.  

2. Mentality 

Di pasar saham, tanpa punya mental, anda tidak akan bisa membalikkan kerugian menjadi keuntungan. Poin-poin yang saya sebutkan tadi: Trader pasti mengalami kerugian, nyangkut, saham dibeli langsung turun adalah bagian dari main saham. Kalau anda sudah mengalami hal2 tersebut, harusnya anda bisa menjadi trader yang lebih tangguh. 

Trader yang punya mental, pasti akan tetap bisa bersikap cool saat mengalami kerugian besar di pasar saham. Trader bermental kuat, tetap mampu membalikkan kerugian besar menjadi profit. 

Masalahnya tidak semua pemain saham bisa mengatasi gejolak2 tersebut. Saya justru banyak menemukan trader ujung2nya tetap saja mengulangi kesalahan yang sama ketika sudah rugi besar dan nyangkut.

Maka dari itu tanpa poin M yang kedua, yaitu mentality, sangat kecil kemungkinan anda bisa meraih sukses di pasar saham. 

3. Method

Method / metode yang dimaksud disini adalah ANALISA, yaitu analisa teknikal / technical analysis (TA) untuk trader dan analisis fundamental untuk investor jangka panjang. Dalam main saham, senjata anda adalah analisis. Kalau anda trader senjata anda adalah kemampuan anda dalam membaca dan menganalisis grafik. 

Tanpa method yang benar, tanpa mengetahui analisa apa yang cocok untuk anda, anda tidak akan bisa menaklukkan pasar saham.  

Mentality dan method ini termasuk dalam dua hal yang penting untuk anda perhatikan bersama, karena terkait dengan kombinasi psikologis trading dan analisa saham. Baca juga: 2 Faktor Keberhasilan Trading Saham.  

Anda yang ingin bisa mempelajari ketiga kunci sukses dalam main saham, anda bisa mendapatkan materi lengkapnya disini: Buku Saham.  Materi-materi ini berkaitan dengan bagaimana cara menggunakan money management yang benar, bagaimana cara membangun mental dalam trading dan menemukan kesalahan2 trader, bagaimana menemukan metode-metode TA dan mengupas strategi trading yang bagus untuk diterapkan dalam trading. 

Sekarang anda sudah tahu bahwa kunci sukses di saham itu intinya cuma ada tiga: Money management, mentality dan method. Dengan 3 hal ini, anda bisa bertahan di pasar saham, baik dalam kondisi IHSG bullish, bearish atau bahkan strong bearish. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.