Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Rahasia Menjadi Trader Saham Handal

El Heze
Dahulu waktu saya masih belum menemukan ritme trading saya, saya seringkali berpikir dan bertanya pada diri sendiri: "Gimana caranya supaya kita bisa jadi trader saham yang handal, sukses, dan bisa lepas dari saham2 nyangkut?" 

Proses trading yang saya alami cukup banyak, dan disitulah saya mengalami jatuh bangun. Profit konsisten bisa saya raih setelah trading selama 3,5 tahun. Saya pernah sharing tulisan tentang pengalaman trading saya disini: Pengalaman Trading Saham:  Berapa Lama Trader Bisa Dapat Profit Konsisten? 

Terlepas dari itu, di luar banyak sekali tawaran-tawaran untuk "menjadi trader saham sukses". Caranya yaitu dengan memberikan tool-tool analisa yang sangat komplit, sistem yang membantu dalam mengambil keputusan yang "perfect", sistem analisa teknikal yang bagus, dan tentunya harganya juga tidak murah. 

Setelah saya mencoba semuanya, ternyata cara-cara seperti yang diikuti kebanyakan orang bukanlah cara untuk menjadi trader saham handal dan sukses.

Saya yakin jika anda sekarang sedang bertanya pada diri anda sendiri: "Bagaimana caranya sukses di saham?" Maka saya tebak: Anda belum bisa menemukan ritme trading / investasi anda. Kemungkinan besar anda masih sering cut loss, nyangkut, modal tergerus habis, sulit mendapatkan profit. 

Soalnya kalau trader sudah sukses, trader tidak akan bertanya seperti itu. Dengan kata lain, trader sudah tahu apa yang jadi kebutuhan tradingnya. 

Nah dari apa yang saya tulis, kita sudah mendapatkan akar permasalahan kenapa anda belum bisa menjadi trader saham handal: Belum bisa untung! 

Jika anda sudah tahu kenapa anda belum bisa untung, tugas anda selanjutnya adalah: Mencari tahu KENAPA anda belum bisa untung. Artinya, anda harus bisa jawab pertanyaan: Kenapa kok rugi terus? Kenapa saham anda bisa nyangkut terus? Intinya: Anda harus bisa jawab pertanyaan "Mengapa", karena dari sinilah ada banyak hal tentang trading yang bisa anda explorasi. 

Kalau saham anda nyangkut, catatlah penyebab nyangkut yang anda alami. Analisalah: Kenapa anda nyangkut? Why? Tracing kembali histori transaksi anda, saat anda beli saham nyangkut tersebut. Dari situlah anda bisa tahu penyebabnya. 

Misalnya anda nyangkut karena anda membeli saham saat IHSG lagi naik-naiknya. Maka, lain kali kalau anda menemukan kondisi IHSG yang sudah naik, harga saham pada terbang, lebih baik anda tunggu koreksi dulu. Toh nggak mungkin juga harga saham naik terus tanpa ada turunnya sama sekali. 

Kalau anda trading dengan metode / analisa yang anda pakai, dan analisa tersebut tidak bisa membuahkan profit untuk anda, JANGAN GUNAKAN ANALISA YANG SAMA. Itu artinya, analisa tersebut tidak cocok untuk anda. Cobalah melakukan analisa yang lain. 

Misalnya, anda ingin trading cepat. Kemudian anda pakai MA 5 karena MA 5 biasa digunakan trader jangka pendek. Namun beberapa kali menggunakan MA 5, ternyata MA 5 sering menjebak anda. Artinya, tinggalkanlah analisa itu. Sebab kalau anda ngotot meneruskan dengan cara yang sama saat anda rugi, kerugian anda akan semakin besar. 

Itulah contoh cara meng-eksplorasi trading anda. Anda harus berada di jalur start yang benar, maka hasil yang anda pasti lebih memuaskan. 

Sayangnya, banyak trader yang sudah salah memulai. Trader yang belum sukses berpikir dengan membeli sistem yang "perfect", dengan mencari sana-sini cara profit cepat, semuanya akan memudahkan mereka dalam trading. Namun cara2 itu tidak membuat trader menjadi seorang trader handal dan sukses. Baca juga: 2 Faktor Keberhasilan Trading Saham. 

Sekali lagi, yang membuat anda bisa sukses dalam trading adalah: Ketahuilah penyebab anda rugi, dan perbaiki kerugian itu. 

Dan kalau anda mau kembangkan lagi, sebenarnya ada banyak sekali tips-tips dan strategi untuk menjadi trader saham handal, sukses dan bisa bertahan di pasar saham dalam keadaan apapun. Tips-tips untuk menjadi trader saha handal ini masih banyak belum diketahui dan disadari oleh trader. Anda bisa baca disini: Psikologi dan Mindset Trading. 

So, sebenarnya untuk menjadi trader saham yang sukses, kita nggak hanya mulu bicara soal: Sistem analisa teknikal yang perfect, software / tool analisa yang sangat komplit, bagaimana cara dapat profit dalam waktu singkat bla bla bla.. 

Namun menjadi trader saham sukses, kita membutuhkan lebih dari pada itu. Semua itu kembali pada diri anda masing-masing, apakah anda mau memulai dengan cara yang benar, atau tetap mengikuti cara yang salah.. 

2 komentar:

  1. apa saja yang di lakukan seseorang treder sebelum melakukan treding?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa langkah utama sebelum trading anda harus pahami:

      1. Mekanisme perdagangan market
      2. Analisa chart
      3. Analisa market (IHSG)
      4. Screening saham
      5. Manajemen modal

      Analisa bandarmologi dan fundamental bisa menjadi tambahan analisa untuk trader

      Yang prosesnya paling panjang adalah analisa teknikal dan screening, karena itu adalah senjata utama trader, yang terus dipakai untuk trading.

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.