Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Memperbaiki Kerugian di Saham

Profit dan kerugian adalah hal yang pasti akan anda alami di pasar saham. Tidak peduli semahir apapun anda, dalam perjalanan trading, anda pasti pernah mengalami kerugian. 

Dibalik semua itu, anda harus bisa melakukan manajemen modal yang baik. Jangan sampai kerugian di pasar saham membuat anda bangkrut. Trading yang benar adalah bagaimana anda bisa menghasilkan profit konsisten, di mana kerugian anda harus mampu ditutup dengan profit yang lebih besar. Baca juga: Cara Mengukur Profit Konsisten. 

Namun faktanya memang banyak sekali trader yang mengalami kerugian besar, bahkan modalnya tergerus sampai 50% lebih. Pernah ada seorang investor saham yang menceritakan kerugian besar dari investasi di saham-saham Bakrie, di mana investor saham yang menginvestasikan modal Rp1 miliar di saham-saham perusahaan Bakrie, modalnya tergerus menjadi hanya Rp50 juta. Anda bisa baca berita lengkapnya di Kontan Online disini: Pengalaman Investor Saham. 

Tentunya kerugian2 besar seperti ini tidak hanya dialami oleh satu-dua orang saja. Sebagai contoh, banyak investor saham yang bangkrut pasca lesunya ekonomi tahun 2008 dan 2015. Dan beberapa trader juga pernah konsultasi dengan saya mereka juga punya pengalaman bangkrut di pasar saham, dan ingin kembali trading dengan cara yang lebih benar. 

Dari banyaknya pengalaman trader yang pernah mengalami kerugian besar di pasar saham, penyebab utamanya sebenarnya adalah: Kurangnya pengetahuan dan proteksi modal.

Seberapa banyak dari anda yang membeli saham karena tidak tahu alasan kenapa anda membeli? Seberapa banyak anda yang membeli saham karena belum mempertimbangkan analisis yang lebih dalam? Seberapa banyak dari anda yang tidak rela cut loss saat saham anda tidak bergerak sesuai harapan? Seberapa banyak dari anda yang membeli saham-saham yang tidak likuid? 

Inilah penyebab dari kurangnya pengetahuan di saham, dan juga minimnya keberanian trader dan investor untuk proteksi modal.  

Memang anda dan saya tidak akan bisa memastikan harga saham, namun dengan pengetahuan tentang saham, anda sudah memiliki modal yang memperbaiki kerugian anda di pasar saham. Itulah mengapa anda sangat memerlukan PENGETAHUAN sebelum anda memutuskan untuk trading maupun investasi saham. 

Nah saran saya, anda yang membaca pos ini dan masih baru akan memulai trading / investasi saham, pelajari dan pahami betul analisis-analisis yang dibutuhkan dalam main saham, sebelum anda terjun ke dunia nyata di saham. Karena dengan pengetahuan, anda bukan hanya mampu menganalisa saham, tapi juga manajemen modal, proteksi modal dan psikologis. 

Kalau anda masih bingung bagaimana cara mengaplikasikan analisa-analisa dalam saham. Anda masih belum paham benar cara menguasai analisa teknikal dan fundamental, jangan nekad untuk trading saham, apalagi dengan modal besar. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.