Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Bagaimana Cara Sukses Berbisnis Saham?

Bisnis saham (trading maupun investasi saham) merupakan salah satu profesi yang bisa anda jadikan profesi utama (full time trader) maupun profesi sampingan. Di pasar saham Indonesia, jumlah investor saham ini semakin banyak, karena adanya salah satu Program Yuk Nabung Saham yang digagas oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Yuk Nabung Saham ini berhasil meningkatkan jumlah trader dan investor di pasar saham dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, di pasar saham kita sebagian besar diisi oleh para pebisnis saham pemula. 

Tentunya anda, baik yang masih pemula maupun yang sudah memiliki pengalaman trading, memiliki tujuan yang sama: Sukses berbisnis saham (baca: Dapat profit konsisten). 

Untuk mendapat profit konsisten, ada poin-poin utama yang harus anda miliki sebagai trader saham: 

1. Mau menganalisis, mau belajar, mau berproses
2. Percaya pada diri anda sendiri
3. Tidak mudah mengeluh 
4. Tidak mudah euforia saat harga saham naik
5. Memahami risiko dan siap menerimanya
6. Mampu dan mau bertahan dalam kondisi pasar saham yang jelek 
7. Berpikir dan mematok target yang realistis 

Sebagian dari anda mungkin berpikir: "Kok tips sukses trading seperti ini? Seharusnya dikasih tips gimana caranya biar untung cepat 100% per bulan."

Yap, itulah tips sukses trading. Kalau anda punya mental-mental tersebut, sangat mungkin anda bisa sukses di pasar saham. Karena dengan cara itulah anda bisa beradaptasi di pasar saham. 

Tapi kalau anda tidak siap menghadapi pasar saham, jangan berharap sukses dalam bisnis saham. Jangan berharap bisa untung besar di saham. Kenapa demikian? 

Seperti yang saya katakan di paragraf awal tadi, di pasar saham kita jumlah trader pemula cukup banyak, karena program Yuk Nabung Saham ini terbukti berhasil meningkatan jumlah Rekening Dana Investor (RDI) setiap tahun. Ini artinya, setiap tahun pasar modal kita semakin banyak diisi oleh para pemula yang berniat untuk trading saham. 

Nah, sebagai pemula, anda harus mempelajari mental-mental tersebut, agar anda tidak mudah terjebak dengan janji-janji surga yang tidak realistis: 

"Trading saham cepat kaya" 
"Trading saham untung terus tanpa rugi" 
"Main saham profit 500% per bulan"
"Trading saham itu sangat mudah" 

Pemula yang masih belum tahu bagaimana seluk-beluk di dunia trading, akan mudah termakan oleh janji-janji surga yang seolah mengatakan bahwa trading saham itu bisa mudah mendapatkan profit tanpa rugi, trading saham bisa dapat profit jumbo hanya dalam waktu singkat dan sebagainya. Baca juga: Tips Memilih Saham yang Bagus. 

Inilah yang membuat pemula akhirnya menjadi gegabah, tidak mengetahui risiko, nekad memasukkan modal besar di saham. Padahal tanpa memiliki pengetahuan tentang trading, berpikir realistis, tanpa memiliki pola pikir yang benar dalam trading, anda tidak akan bisa mendapatkan profit di pasar saham. 

Pemula harus tahu tentang kesalahan2 apa yang PALING SERING dilakukan trader, dan tahu bagaimana CARA MENGATASI kesalahan-kesalahan umum di trading. Dengan demikian, anda bisa meminimalkan kesalahan. 

Karena hanya dengan mengetahui kesalahan dan cara memperbaikinya, anda bisa berpikir lebih realistis dalam memasang target, dan pada akhirnya, anda bisa memperbesar profit anda di saham. Saya pernah membahas semuanya disini: Psikologi dan Mindset Trading. 

Jadi anda harus mulai menerapkan mental2 tersebut dalam trading anda...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.