Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Take Profit dan Psikologis Saham

Setelah anda membeli saham, tentu anda harus melakukan take profit atau realisasi untung. Hanya memang setiap trader memiliki target dan time frame yang berbeda-beda. Inilah yang menyebabkan target take profit setiap trader tidak sama, meskipun mungkin anda trading di saham yang sama. 

Menetapkan take profit juga erat kaitannya dengan permainan psikologis. Pergerakan harga saham yang cepat seringkali membuat trader goyah dengan target yang sudah dibuat sebelumnya. 

Katakanlah anda membeli saham di harga 900. Anda kemudian mau menetapkan jual di harga 1.000. Anda memprediksi harga 1.000 akan tercapai dalam 3-4 hari. Tapi baru saja market dibuka 40 menit, saham anda sudah menyentuh best bid 1.000. 

Anda mulai berpikir: "Hmmm. Lebih baik saya jual di 1.050. Masih bisa naik lagi nih"

Kalau sudah sampai 1.050?

"Kayaknya saya hold dulu deh sampai nguji 1.100. Tekanan belinya masih tinggi"

Nah, sekarang sudah naik ke 1.100. Nggak dijual sahamnya? 

"Tunggu dulu ke 1.200 deh. Marketnya ijo royo-royo"

Ternyata setelah naik 3 hari, harga saham cuma bisa bertahan naik sampai 1.105. Setelah itu saham turun perlahan. Trader mulai berpikir:

"Harganya sekarang balik lagi ke 1.000. Tunggu dulu, cuma fluktuatif sesaat nanti pasti naik lagi kok".

Harga saham malah turun lagi sampai ke harga beli trader di 900. Trader mulai panik, dan akhirnya terpaksa menjual BEP karena melihat kondisi market yang tiba2 berubah jadi bearish. 

Di pasar saham, banyak sekali tipe trader seperti ini: Plin-plan menetapkan target take profit. Mungkin saat anda mengubah target jadi lebih tinggi, ada kalanya untung anda jadi lebih banyak, karena prediksi anda sesuai. 

Tapi seberapa banyak / seberapa sering anda bisa melakukannya? Tentu saja menaikkan target profit ini bukanlah cara trading yang benar. Hal ini menujukkan kalau  emosi anda sedang tidak stabil, anda sedang berada dalam FASE GREED (serakah). 

Jadi, kalau anda sudah menetapkan target take profit, anda HARUS MELAKUKANNYA. Kalau anda menetapkan jual di 1.000, maka saat harga saham naik ke 1.000, anda harus menjual. Jangan berharap terus harga akan naik. 

Mengapa demikian? Saya pernah membahasnya disini: Mengatasi Rasa Menyesal Saat Take Profit Saham

Terkait menetapkan take profit, anda boleh-boleh saja mengubah target jual saham, tapi dengan catatan kalau pada saat itu anda melihat kondisi pasar saham sedang jelek, dan menurut pengamatan anda, saham anda berpotensi tidak naik tidak sesuai harapan. 

Artinya, anda disarankan untuk mengubah target take profit ke harga yang lebih rendah (dengan pertimbangan2 tadi). Dan dan tidak disarankan merubah target take profit ke harga yang lebih tinggi. 

"Apakah itu berarti Pak Heze menyuruh trader untuk profit sedikit saja?" Protes anda

Tidak. Seperti saya katakan tadi, anda yang berupaya untuk terus menaikkan target jual, menunjukkan bahwa anda sedang greed. Jika anda terbiasa untuk melakukan hal ini terus, hal ini akan membahayakan trading anda, karena anda sebenarnya tidak pernah bisa memastikan harga saham akan bergerak ke arah mana. 

Kalau tebakan anda salah karena anda ngarep terus, bisa-bisa anda rugi. Tapi kalau dengan pertimbangan tertentu anda menurunkan target take profit, itu artinya anda sudah memiliki langkah antisipasi untuk menjaga agar modal anda tetap aman. 

Katakanlah anda beli saham di 500. Anda mau take profit di 600. Dalam perjalanan, harga saham naik ke 530 tapi geraknya lemot banget. Anda melihat saham ini nggak likuid, market sedang nggak bersahabat, maka anda memutuskan untuk jual di 530. 

Jadi anda tetap untung walaupun untungnya nggak sebesar yang anda tetapkan tadi. Namun sisi positifnya, modal anda akan tetap aman dari penurunan harga saham lanjutan. Dan tentunya semua itu sudah didasari pertimbangan dan analisis. 

Sedikit bocoran, saya sendiri trading tidak terlalu mematok pada time frame harus membeli dan menjual saham untuk jangka waktu berapa lama, kecuali untuk saham2 tertentu. Jika target take profit yang saya tetapkan sudah tersentuh walaupun hanya dalam satu hari, saya akan langsung take profit. 

Intinya, saya stay pada trading plan yang sudah saya buat, sehingga saya lebih disiplin dalam trading. How about you?

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.