Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Teknikal Saham JSMR

El Heze
Banyak request dari rekan-rekan untuk mengulas analisis teknikal saham JSMR. Maka di pos ini, saya akan mengulas analisis teknikal JSMR beserta prediksi harga sahamnya untuk kedepan. 

JSMR sendiri kalau anda perhatikan harga sahamnya cenderung turun terus, dari harga 6.500 dan turun menuju 3.950. Apakah JSMR ini akan turun terus? Apakah ada sentimen negatif, sehingga harga saham JSMR cenderung downtrend? Jika JSMR rebound, ke harga berapakah JSMR berpotensi naik? 

Kita akan ulas JSMR di pos ini. Apakah JSMR akan turun terus itu tergantung dari support-support yang terbentuk. Sekedar informasi, JSMR ini harganya sudah kembali ke harga tahun 2016. Di tahun 2016, ada support psikologis di harga 3.900. Untuk lebih jelasnya, anda bisa perhatikan grafik JSMR dibawah ini: 

Klik gambar untuk memperbesar

JSMR turun dan kembali menguji harga 3.900 (tanda lingkaran). Harga 3.900 ini adalah harga teoretis right issue JSMR (JSMR sempat melakukan right issue dibawah harga pasarnya 3.900, sehingga harga sahamnya kala itu sempat balik ke support 3.900). 

Jadi secara analisis teknikal kalau JSMR turun ke harga 3.900, dan harga 3.900 jebol, maka JSMR akan berpotensi turun lebih dalam lagi, yaitu ke support kuat 3.800-3.800 (harga support kuatnya tahun 2011). Tapi kalau JSMR memantul dari 3.900 atau harga support 3.900 tidak jebol, JSMR ada potensi untuk rebound. 

Pak Heze rebound JSMR kira-kira sampai resisten berapa?

Karena JSMR sekarang ini sudah dekat di support 3.900 (JSMR sudah membentuk low di 3.920 tapi memantul lagi), maka kalau kita mengacu pada grafik tahun 2016, ketika JSMR menyentuh 3.900 dan berbalik naik, JSMR bisa rebound sampai 4.500 dalam kurun waktu 1 bulan saja. 

Namun untuk JSMR kali ini, saya melihat resistennya ada di 4.000 dulu. Terlalu jauh kalau 4.500, karena JSMR saat ini juga belum ada sentimen2 positif yang bisa membuat trader membeli JSMR secara masif. Jika ternyata 4.000 berhasil tembus, maka JSMR berpotensi kembali ke resisten 4.500, kemudian resisten psikologis 5.000. 

Apakah penurunan JSMR karena ada sentimen negatif atau pengaruh turunnya fundamental JSMR? Jawabannya tidak. Alasannya? Sebagian besar saham big caps memang mengalami penurunan karena dalam tempo 1-2 tahun terakhir harga sahamnya uptrend terus. Dalam trading, tidak mungkin trader akan membeli saham terus tanpa aksi jual, dan sebaliknya, tidak mungkin trader menjual saham terus tanpa membeli lagi. 

agi anda yang ingin membeli JSMR, anda bisa mulai membeli bertahap (akumulasi), jika JSMR bertahan di support 3.900-3.920. 

Bagi anda yang mau bersabar sedikit, anda bisa menunggu momentum Idul Fitri (tetap dengan catatan support psikologis 3.900 harus terjaga), karena berdasarkan grafik 2 tahun terakhir (perhatikan tanda persegi), JSMR selalu berhasil uptrend di bulan pertengahan Mei-Juli (saat mendekati dan seteah Hari Raya Idul Fitri). Hal ini dikarenakan sentimen positif dari JSMR yang mendapatkan pendapatan yang lebih besar pada momen tersebut. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.