Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Disiplin Trading Plan untuk Profit Saham

El Heze
Dalam trading saham, kita mengenal trading plan / perencanaan trading. Trading plan memegang peran yang sangat penting untuk mengatur trading kita ke jalan yang benar, dan trading plan ini bukan hanya berlaku untuk trader, namun juga berlaku untuk investor (investor plan). 

Jika anda ingin paham lebih banyak tentang trading plan, cara menyusun trading plan dan menerapkan trading plan yang benar dalam trading anda, anda bisa mendapatkan materinya disini: Menyusun Trading Plan Saham. 

Jadi seharusnya semua keputusan beli-jual saham yang anda lakukan, termasuk keputusan anda untuk hold, wait and see, tidak membeli saham dalam situasi tertentu, semuanya harus anda masukkan dalam trading plan. Dan anda harus mematuhi trading plan yang sudah anda tetapkan. 

Di paragraf pertama saya mengatakan kalau trading plan memegang peranan yang sangat penting dalam trading. Seberapa penting peranan trading plan? Saya berikan satu contoh konkrit yang sering dialami trader:  

Setelah mendapatkan profit 8 kali trading saham hingga pertengahan bulan dengan total keuntungan Rp20 juta, trader memutuskan untuk berhenti dahulu dari aktivitas tradingnya sampai akhir bulan, dengan tujuan meminimalkan risiko kerugian. Namun, di hari berikutnya trader tergoda untuk melipatgandakan profit dengan membeli saham lagi. 

Hasilnya, saham yang dibeli ternyata turun terus, dan trader terpaksa harus melakukan cut loss sebanyak Rp8 juta. Akhirnya total profit yang didapatkan trader adalah Rp12 juta. 

Padahal kalau trader tersebut mau mematuhi trading plan-nya, trader tidak perlu kehilangan / rugi Rp8 juta, tetapi trader tetap bisa menikmati profit Rp20 juta-nya itu tadi. 

Dari contoh tersebut kita semua bisa menilai bahwa trading plan bisa membawa trader untuk lebih disiplin, lebih tenang, tidak gegabah.

Memang memiliki trading plan tidak menjamin anda pasti profit. Trading plan bertujuan untuk mengarahkan kita trader ke jalan trading yang benar. Dengan cara ini, aktivitas trading yang dilakukan akan tetap rapi, sehingga hasil yang didapatkan akan lebih baik.  

Seperti contoh diatas tadi, akibat trader tidak mematuhi trading plan, aktivitas trading yang dijalankan menjadi kacau, tidak rapi dan trader kehilangan beberapa persen dari profit bersih yang sudah diperoleh sebelumnya. 

"Tapi mematuhi trading plan itu nggak gampang Bung Heze. Bagaimana ya cara supaya kita bisa trading di jalur yang sudah kita buat?" Tanya anda

Harus saya akui mematuhi trading plan itu juga tidak mudah. Terkadang, trader sulit mematuhi trading plan yang sudah dibuat. Misalnya, trader membeli saham di harga 1.000 dan sudah memasang target take profit di harga 1.200. 

Namun saat harga saham naik ke 1.200, trader menaikkan lagi batas target take profit hingga 1.300. Ini artinya anda sudah melanggar trading plan anda sendiri. Baca juga:  Mengatasi Rasa Menyesal Saat Take Profit Saham. 

Atau trader seringkali sudah menetapkan untuk membeli saham ketika harganya turun di harga sekian. Namun karena nggak sabaran, trader akhirnya memutuskan untuk langsung membeli sahamnya di harga yang masih cukup tinggi. Ini juga salah satu trader belum bisa menepati trading plannya. 

Agar anda bisa disiplin menerapkan trading plan, maka tahapan-tahapan yang harus anda lakukan adalah: Pertama, pahamilah cara menyusun dan mengaplikasikan trading plan dengan benar. Baca juga: Cara Menyusun dan Menerapkan Trading Plan Saham. Kedua, latih terus kemampuan anda untuk disiplin. 

Menetapkan kedisiplinan dalam trading plan memang membutuhkan waktu. Satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah terus menambah jam terbang trading. Lama-kelamaan, anda akan lebih mampu trading di jalur yang benar sesuai dengan apa yang sudah anda susun.

Di awal trading, saya juga memiliki banyak sekali saham nyangkut, gampang stress, selalu menyesal saat saham sudah naik setelah dijual, pinginnya beli saham terus. Namun, dengan mencoba dan terus belajar, saat ini saya sudah bisa menerapkan trading plan dan menjalani trading dengan lebih disiplin. Tentunya tidak ada sesuatu yang instan. Jika anda ingin sukses dalam trading, anda harus berproses.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.