Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Meraup Profit Besar dari Saham

Jika anda baca halaman Profil saya, di paragraf terakhir saya menuliskan: "Profit konsisten jauh lebih baik, ketimbang mendapat profit besar tetapi tidak konsisten".

Artinya, dalam trading usahakan agar anda bisa mendapatkan profit yang lebih stabil setiap bulan daripada mencari profit besar namun anda tidak bisa mempertahankannya. 

Jadi percuma saja jika harga saham anda naik 30% dalam dua hari, namun 3 hari kemudian harga saham anda langsung anjlok tanpa ampun. Ini artinya anda belum bisa mendapatkan profit yang stabil. Atau bisa jadi, anda memang ingin mengincar saham2 lapis tiga saja. 

Nah mengingat semakin banyak perusahaan2 yang IPO, biasanya saham2 yang baru IPO ini memiliki volatilitas harga yang tinggi.. Volatilitas ini biasanya sering dimanfaatkan oleh trader yang mengincar keuntungan cepat. Dan satu lagi, anda tidak boleh serakah (jangan mengharapkan harga saham akan naik terus).

Sayangnya tipe2 saham seperti ini juga tidak bertahan lama. Kalaupun naik, naiknya tidak lama. Tidak ada salahnya anda membeli saham lapis tiga, namun anda harus bisa mengatur komposisi portofolio anda dengan baik. 

Memang kita tidak bisa mengharapkan untuk bisa terus profit konsisten 10% per bulan misalnya. Harus diakui memang ada masa-masa di mana pasar saham bergerak sangat tidak sesuai dengan harapan kita. 

Jadi kalau anda ingin mencapai profit konsisten dalam sebulan, setidak-tidaknya tetapkanlah target profit dalam range, misalnya 5%-10% per bulan. Jadi jika anda bisa mendapat profit dalam rentang persentase 5-10% itu, maka anda dapat dikatakan profit konsisten. 

Profit konsisten bukan berarti tidak bisa profit besar. Karena semua trader ingin mendapat profit besar, kita harus mencari saham-saham yang naik. Pos ini bertujuan untuk mengajak anda berpikir realistis... Profit besar bisa diraih apabila anda memilih jenis saham yang 'jelas' (memiliki pola dan bisa diprediksi).. 

Konsepnya, incarlah keuntungan konsisten.. Lebih baik anda bisa dapat profit 3-8% per bulan, daripada anda saham anda naik puluhan persen, namun tidak lama kemudian saham anda langsung anjlok. Hal ini akan membuat porto trader menjadi kacau. Sudahkah anda melakukannya?

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.