Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Kisah Sukses Investasi Saham

Beragamnya pilihan instrumen investasi membuat anda yang ingin memulai investasi, bisa memilih instrumen investasi yang paling pas. Dari beragam pilihan investasi ini, beberapa yang cukup menarik menurut penulis adalah investasi reksadana dan saham. Saya juga pernah membahasnya disini: Cerdas Berinvestasi Saham - Investasi Saham untuk Financial Freedom.

Namun yang akan saya bahas kali ini bukanlah jenis-jenis atau pilihan instrumen investasi yang bisa anda ambil. Yang saya bahas adalah pentingnya investasi bagi anda, terutama kalau anda masih belum memulai, atau baru akan memulai investasi tetapi masih ragu-ragu. 

Anda dan saya pasti sering mendengar kisah masyarakat / investor ritel biasa dengan modal pas-pasan yang mampu meraup untung gede di pasar saham. Yap, salah satu kisah investor ritel yang sukses mendapat profit besar dari investasi saham adalah salah seorang satpam. Anda bisa baca beritanya disini: Profit Besar dari Trading Saham. 

Seorang satpam yang mampu mendapat profit hingga 50-60%, menunjukkan bahwa dengan investasi, nilai aset anda bisa mengalami kenaikan yang signifikan. Pesan moralnya adalah: Memulai investasi tidak sulit, tidak butuh modal besar. Memulai investasi tidak harus dilakukan oleh orang berpenghasilan tinggi. Baca juga: Tips Main Saham untuk Karyawan Kecil. 


Sekali lagi investasi tidak sulit, tapi investasi itu adalah kebutuhan bukan untuk gaya, bukan untuk kemewahan dan bukan untuk pamer

Ingatlah bahwa nilai uang akan terus tergerus oleh inflasi. Uang yang bisa anda gunakan untuk membeli bensin 20 tahun yang lalu, mungkin hari ini anda tidak akan bisa membelinya 1 liter pun. 

Nasi bungkus yang dahulu harganya cuma Rp3.000 sekarang harganya sudah naik 3 kali lipat. Dahulu uang Rp1.000 bisa anda gunakan untuk membeli macam-macam makanan, sekarang uang parkir saja sudah lebih besar dari Rp1.000, benar kan?

Itulah mengapa kita semua harus mulai melek investasi karena dengan investasi nilai dan nominal uang anda akan meningkat, sedangkan jika anda tidak investasi, nilai uang anda akan tergerus inflasi. 

Anda yang memiliki penghasilan dari pekerjaan kantoran misalnya, sisihkanlah uang anda untuk memulai investasi. Jika anda ingin memulai investasi, anda bisa memulai dengan nabung saham. Justru jika anda banyak melakukan kegiatan2 konsumerisme, dan menutup mata terhadap investasi, inilah yang salah. Tidak percaya? Mari kita dengarkan apa pendapat beberapa pakar:  

Bill Gates (penemu Microsoft) mengatakan: If you are born poor it's not your mistake, but if you die poor it's your mistake. 

Quote Bill Gates ini memberikan 'peringatan' tentang pentingnya memiliki penghasilan, memiliki investasi dan pentingnya mengelola keuangan anda. Jangan sampai uang anda, anda habiskan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Jangan sampai ketika tua anda bingung karena tidak memiliki penghasilan, tidak memiliki investasi apapun. 

Karena dengan investasi, nilai aset kita bisa naik berlipat ganda. Apa buktinya? Banyak sekali, bahkan orang2 di sekitar anda mungkin juga sudah membuktikannya sendiri. Penulis sendiri juga sudah membuktikan bahwa investasi benar2 menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar daripada sekedar menabung.

Warren Buffet mengatakan:  "Never depend on single income, make investment create a second source". 

Quote Warren Buffet menegaskan bahwa penghasilan yang anda dapatkan mungkin saja hasilnya tidak akan besar. Namun jika anda memulai investasi, maka anda bisa mendapatkan pelipatgandaan aset yang jauh lebih tinggi ketimbang anda mengandalkan satu income. 

Para pakar dan tokoh ini tentu saja bukan sembarang pakar, namun mereka sudah membuktikannya sendiri, mereka sukses, dan bahwa dengan investasi, dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik, mereka juga bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Apa lagi yang anda ragukan dari para pakar? 

Semua orang bisa investasi, dan semua orang bisa menghasilkan keuntungan besar dari investasi saham. Oleh karena itu, jadi anda ingin memulai investasi, tunggu apa lagi? Sudah banyak kisah sukses dari investasi saham, dan banyak dari mereka yang "hanya" berawal dari modal kecil. Now your turn...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.