Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Usia Ideal untuk Trading Saham

Banyak pembaca web ini yang sering bertanya pada penulis tentang 'memulai belajar saham'. 

"Bung Heze saya usia 40-an pingin belajar saham, tapi kayaknya udah terlalu tua. Warren Buffet aja mulai belajar saham di usia 11 tahun."

"Saya mau trading saham, tapi masih usia 18 tahun. Kira-kira cocok ndak ya Pak kalau saya mulai trading di usia segitu?"

Dan saya sendiri sudah sering menerima pertanyaan2 serupa. Intinya, pertanyaan2 tersebut kalau penulis simpulkan mengarah pada: "Pada usia berapa sih, seseorang itu bisa dikatakan ideal main saham? Apakah usia 18 itu terlalu muda? Apakah belajar saham usia 35 keatas itu terlalu tua?"

Sebenarnya usia ideal untuk main saham adalah ketika ANDA SIAP. Siap artinya anda sudah siap menerima risiko dan tentunya anda siap untuk praktik. Seseorang dikatakan memasuki usia emas di kisaran 24-33 tahun. 

Jika anda sekarang memasuki usia katakanlah 28, namun anda belajar saham masih dengan motif mau untung cepat, kaya raya dalam 1 hari, maka anda belum dikatakan "usia ideal" untuk main saham. 

Apabila anda masih berusia 19 tahun, namun anda sudah mulai belajar sendiri, belajar bertahap dan mulai dengan modal kecil, maka anda sudah bisa dikatakan ideal untuk mulai trading saham. 

Apabila anda berusia 50 tahun, namun anda punya tekad kuat untuk memulai trading atau investasi saham, ya nggak ada salahnya kan? Apakah usia 50 tahun terlalu tua untuk main saham? Tentu saja tidak, karena tidak ada kata terlambat untuk belajar.  

Jadi kalau anda ingin memulai trading atau investasi saham, jangan melihat usia anda. Namun anda harus tanya pada diri sendiri: "Apakah anda memang sudah siap dan anda bersemangat untuk memulai trading?"

Jika anda siap, artinya itulah usia ideal anda untuk trading saham. Baca juga: Modal Ideal Trading Saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.