Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Tips Investasi Saham - Memilih Perusahaan

Di dunia saham kita mengenal trading saham (jangka pendek) serta investasi saham. Saat ini, investasi saham juga identik dengan program Nabung Saham. Baca juga: 

Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk trading, anda tentu memilih membeli saham untuk investasi atau investasi dengan cara nabung saham. Dalam investasi, saya memberikan beberapa tips untuk memilih saham: 

1. Memilih potensi perusahaan 

Potensi perusahaan bisa dilihat dari empat hal penting: Produk perusahaan (prospek), pendapatan bersih, laba bersih, struktur modal. Kalau mau investasi, anda harus melihat keempat hal ini. Bagaimana produk perusahaan di pasaran? Apakah mudah ditemukan banyak orang? Apakah digunakan semua orang? Apakah produk tersebut akan awet sampai jangka yang sangat panjang? 

Perhatikan juga pertumbuhan pendapatan / penjualan perusahaan. Pendapatan adalah sumber utama perusahaan akan bisa bertahan. Jika pendapatan rendah dibanding sektor industrinya atau turun terus, hal ini mengindikasikan prospek perusahaan tidak bagus. 

Ketiga, lihat laba bersihnya. Laba bersih kita kenal sebagai bottom line. Laba bersih adalah salah satu ukuran utama yang penting untuk memutuskan saham yang ingin anda beli, karena laba bersih menggambarkan kemampuan perusahaan untuk memperoleh penghasilan dan kemmapuan perusahaan untuk meminimalkan beban. 

Gunakan analisis tren beberapa tahun untuk melihat kecenderungan tren laba. Selain itu, anda juga bisa mengguakan perbandingan pertumbuhan laba dan jumlah laba berdasarkan pada industri di sektor sejenis. 

Terakhir, jangan lupa untuk melihat struktur modal perusahaan. Struktur modal adalah perbandingan utang dengan ekuitas. Kalau utang perusahaan terlalu besar, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki struktur keuangan yang kurang sehat. Anda bisa baca tentang struktur modal disini: Analisis Fundamental: Debt to Equity Ratio (DER)

Poin pertama ini tidak boleh anda lupakan jika anda ingin memilih perusahaan yang aman, lebih minim risiko, dan bisa menghasilkan dalam jangka panjang. 

2. Menganalisa indeks LQ45 

Anda yang masih pemula dan benar2 tidak tahu harus milih saham apa, anda bisa mencoba melihat saham2 LQ45 untuk dijadikan benchmark. Kenapa harus indeks LQ45? Kan ada banyak indeks lainnya yang bisa dijadikan acuan? 

Indeks LQ45 secara umum terdiri dari perusahaan2 yang memiliki kinerja bagus, walaupun tidak semuanya. Namun, saham2 yang ada dalam Indeks LQ45, terutama yang sudah lama ada di Indeks LQ45, umumnya sahamnya lebih likuid dan harga sahamnya juga lebih stabil. Baca juga: Daftar Saham Indeks LQ45 Terbaru. 

3. Membeli Saham Secara Rutin 

Poin terakhir, anda bisa mencoba sistem nabung saham, dengan cara membeli saham secara rutin dan berkala. Anda bisa mencoba cara ini apabila anda memiliki modal kecil. Baca juga: Penjelasan Cara Menabung Saham.

Anda yang punya modal menganggur tapi tidak ada waktu trading, daripada uang anda nggak diapa-apakan, akan lebih baik jika anda mulai investasi saham. Bukankah begitu?

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.