Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Main Saham Bagi Pemula

Saya banyak sekali menerima pertanyaan tentang cara main saham untuk pemula. Sebenarnya di pos ini, saya juga sudah menuliskan langkah-langkah awal main saham.

Kalau anda sudah download ebook gratis saya disini: Panduan Membeli Saham Bagi Pemula, anda pasti sudah mengerti bagaimana cara dan step-by-step membeli saham. 

Intinya langkah awal main saham dilakukan dengan cara membuka rekening saham di kantor sekuritas. Setelah anda membuka rekening saham, dan anda sudah menyetor modal untuk trading, barulah aktivitas beli dan jual saham bisa anda mulai. 

Membeli dan menjual saham bukan berarti asal-asalan trading, karena anda menggunakan uang anda, dan tujuan semua trader adalah untuk mendapatkan profit, maka trading yang anda lakukan haruslah dilakukan atas dasar analisis. 

Ibarat anda bekerja, anda tidak mungkin bekerja asal-asalan. Jika anda bekerja asal-asalan, tentu saja perusahaan tidak mau membayar / menggaji anda. 

Langkah awal main saham untuk pemula, seorang pemula harus bisa melakukan screening / memilih saham yang bagus dan layak untuk trading. Hal ini ditujukan agar trader tidak mudah terjebak membeli saham-saham yang salah. 

Bagaimana cara melakukan screening saham? Saya membahasnya secara lengkap disini: Cara Melakukan Screening Saham. 

Target awal seorang pemula dalam main saham bukan mendapat profit sebesar mungkin, namun targetnya adalah MEMINIMALKAN KERUGIAN. Jadi, jika anda baru pertama main saham dan langsung berangan-angan untuk langsung cepat kaya, target ini salah besar. 

Meminimalkan kerugian adalah hal yang paling penting sebelum kita berbicara tentang cara dapat profit. Seorang trader bisa bertahan di pasar saham selama trader memiliki modal. Selama ada modal, trader tetap bisa membeli saham. Maka dari itu, jika anda ingin bertahan di pasar saham, modal anda tidak boleh habis. 

Jika anda sudah bisa meminimalkan kerugian, dan mengatur psikologis dengan baik, barulah anda bisa mulai mencetak profit-profit yang besar. 

Memang tidak menutup kemungkinan (dan bahkan sangat sering) seorang pemula "mendapat durian runtuh". Artinya, pemula sangat mungkin untuk mendapat keuntungan besar. 

Tapi karena pasar saham itu dinamis dan banyak sekali hal-hal yang bisa mempengaruhi pergerakan saham-saham anda, profit besar yang anda dapatkan sebagai pemula belum bisa dijadikan benchmark bahwa anda adalah trader yang hebat. Anda tetaplah harus mempelajari lebih banyak tentang saham, terutama terkait cara mengelola emosi investor. Baca juga: Sudah Sampai Mana Pengalaman Main Saham Anda?

Disini kita sudah mendapatkan dua poin utama tentang cara main saham untuk pemula: Langkah awal main saham adalah anda harus bisa melakukan screening saham agar komposisi portofolio anda tersusun dengan baik. Kedua, sebagai seorang pemula, anda harus meminimalkan kerugian di pasar saham terlebih dahulu. 

Jadi di pos ini, anda sudah mendapatkan pemahaman bahwa cara main saham untuk pemula bukan hanya sekedar membuka rekening saham, dan kemudian membeli-menjual saham. Namun, pemula harus memiliki target-target dalam trading. Hal ini juga bertujuan untuk menentukan karir trading anda (seberapa besar perkembangan anda untuk mendapatkan profit, dengan kerugian sekecil mungkin). 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.