Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Tips dan Cara Belajar Saham untuk Pemula

Saya pernah menulis pos tentang diskusi saham. Anda bisa lihat pos-nya disini: Diskusi dan Tanya Jawab Saham. Di pos tersebut anda diperbolehkan untuk request topik saham yang ingin anda bahas. Dan kebetulan penulis mendapatkan pertanyaan via email oleh salah satu pembaca. Pertanyaannya simpel:

"Pak Heze, bagaimana cara belajar saham untuk saya yang masih pemula? Kalau belum bisa melakukan analisis sendiri kan percuma kita belajar. Kita tidak bakal tahu step-by-stepnya".

Pertanyaan ini memang terkesan sangat simpel. Saya rasa pertanyaan ini juga pasti sering anda dengar. Dan kalau anda adalah pembaca setia web Saham Gain ini, anda pasti sudah sering membaca tulisan saya tentang belajar saham untuk pemula. Terutama di pos ini: Cara Belajar Saham Terbaik, saya mengatakan bahwa  cara belajar saham terbaik adalah dengan menganalisa sendiri. 

Tapi menganalisa sendiri tentunya bukan harus dilakukan untuk seorang pemula saja, namun analisa sendiri harus dilakukan oleh semua level trader (mulai pemula - expert). 

Masalahnya, nggak semua orang bisa langsung melakukan analisa sendiri. Sebelum bisa menganalisa sendiri, ada satu tahapan awal lagi / langkah pertama yang harus anda lakukan lagi, yaitu: Anda harus memiliki media belajar atau mentor. 

Media belajar atau mentor ini yang nantinya bisa mengarahkan anda agar anda benar-benar mengerti tentang saham, tahu seluk beluk saham dan siap untuk menganalisa sendiri. 

Mentor untuk belajar saham ada bermacam-macam. Antara lain adalah belajar melalui broker, melalui teman, melalui buku, video saham dan lain2. Baca juga: Media dan Cara Belajar Saham.  

Jadi, mentor disini nggak harus berupa orang, tetapi anda bisa langsung belajar dari karya yang diterbitkan oleh orang yang anda anggap bisa membimbing anda. Baca juga: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak.

Kalau anda tanya: Dahulu bagaimana cara saya belajar saham dari nol? Terus terang saya banyak belajar melalui broker saham, karena saya mulai mengenal saham sejak kuliah dan kebetulan mulai tertarik dengan saham karena saya Praktik Kerja Lapangan di kantor sekuritas, maka disitulah saya belajar sebanyak mungkin. 

Kembali lagi, jadi meskipun saya selalu menganalisa saham sendiri, tapi tetap saja tahap awalnya saya butuh media belajar saham untuk membuat saya bisa mengerti tentang trading saham.

Intinya kalau anda mau belajar saham, anda harus memiliki media belajar / mentor, karena rasa-rasanya sulit jika tiba-tiba anda buka rekening saham dan langsung trading padahal anda masih belum tahu apa-apa. 

Salah satu media belajar yang bisa mengarahkan anda untuk belajar saham dari nol sampai bisa trading, anda juga bisa mendapatkan materi lengkap beserta praktik langsungnya disini: Ebook Pilihan Trader Saham Pemula - Master. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.