Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Sederhana Trading yang Simpel Tapi Untung

Beberapa hari lalu, ada seorang rekan bertanya: "Pak Heze, bagi tips-nya donk gimana cara trading yang simpel tapi tetap bisa mendapat profit." Sebenarnya cara mendapat untung dari saham yang dengan analisa teknikal, karena analisa teknikal adalah analisa utama yang digunakan sebagai dasar trading. 

Tapi.... analisa teknikal yang seperti apa yang bisa membuat trader bisa mencetak untung? Saya sudah sering mencoba berbagai macam cara hingga cara-cara yang terkesan mewah yang katanya bisa membuat trader mencetak untung. 

Kenyataannya cara yang aneh-aneh itu justru membuat saya pribadi semakin bingung, dan of course, hasilnya lebih sering tidak sesuai harapan. 

Setelah saya mencoba, mengalami sendiri yang namanya untung besar, untung kecil, rugi besar, rugi kecil, impas, saya bisa menyimpulkan cara trading sederhana yang simpel tapi untung adalah dengan mempelajari (dan tentunya mempraktikan) hal-hal berikut:  

1. Mempelajari candlestick

Mempelajari candlestick sangatlah diperlukan karena candlestick bisa memberikan cerminan psikologi pasar. Satu atau dua pola candlestick bahkan juga bisa digunakan untuk melihat kecenderungan arah harga saham. Baca juga: Belajar Candlestick Saham: Candlestick adalah Cerminan Sinyal dan Psikologis Pasar

2. Mempelajari grafik

Grafik disini bukan hanya sekedar melihat grafik, tapi anda harus paham bagaimana cara membaca tren jangka pendek, menengah hingga panjang. Grafik juga berkaitan dengan kemampuan anda menentukan titik2 support-resisten. Nah grafik ini sangat penting. Kalau anda nggak bisa baca tren, anda bisa terus membeli saham2 yang salah, 

3. Mempelajari indikator

Indikator ada banyak, misalnya stochastic, RSI, moving average, volume dan lain2. Indikator sifatnya adalah alat bantu. Namun ada kalanya indikator bisa menjadi sangat penting. Misalnya indikator volume yang sangat berguna untuk mengukur minat pasar terhadap harga saham. 

Anda mungkin berpikir: "Itu kan analisa teknikal yang umum.. Kalau cuma baca indikator dan candlestick sih saya sudah bisa". 

Jangan salah.. Kalau anda memahami semuanya itu dan anda terapkan dalam praktik, anda bisa mendapatkan untung tanpa harus membeli puluhan juta untuk sistem yang rumit dan sama sekali tidak pasti. Dan analisa teknikal ini juga sangat variatif. 

Karena yang namanya candlestick misalnya, bukan hanya berbicara tentang open, low, high dan close.. Tetapi makna candlestick untuk memprediksi harga saham jauh lebih dalam.

Sebagai contoh, di dalam candlestick, ada pola-pola candlestick yang bisa mencerminkan gambaran psikologi pasar. Candlestick dan kombinasi volume bisa digunakan untuk melihat kecenderungan minat pasar.

Memang tidak ada jaminan bahwa anda pasti akan untung 100% nggak pernah rugi, nggak pernah salah. Saya rasa sehebat apapun trader, tidak ada trader yang bisa untung terus.. Karena trader juga manusia yang nggak mungkin sempurna 100% dalam memprediksi.

Tapi kalau anda sudah menguasai analisis2 teknikal yang saya sebutkan diatas, anda sudah memiliki bekal untuk lebih baik dalam memprediksi dan mendapatkan profit dibandingkan jika anda hanya tahu cara membaca namun tidak banyak praktik. 

Lalu bagaimana dengan analisa market running trade, analisa bid-offer, analisa bandarmologi? Bukankah itu juga merupakan analisa yang bisa kita gunakan untuk mendapat untung di pasar saham?

Memang bisa. Tapi analisa2 ini hanya anda bisa pelajari dan kuasai setelah anda mengerti candlestick, grafik, indikator.  Kalau anda sudah mengerti analisa2 tersebut, anda akan lebih mudeng dalam melakukan analisa2 tambahan lainnya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.