Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham Unilever (UNVR) untuk Investasi Jangka Panjang

Di pos ini: 7 Saham yang Layak Investasi Seumur Hidup, salah satunya saya menuliskan saham PT Unilever Tbk (UNVR) sebagai salah satu alternatif saham yang bisa anda simpan untuk seumur hidup / setidak-tidaknya untuk jangka waktu yang lama dengan tingkat risiko yang lebih kecil. 

Saya ingin mengulas sedikit banyak tentang analisis UNVR untuk investasi jangka panjang. Saya memilih saham UNVR karena UNVR adalah perusahaan yang termasuk di dalam sektor consumer goods.

Consumer goods biasanya menjadi incaran investor yang tidak suka mengambil risiko. Kedua, sektor consumer goods terdiri dari banyak perusahaan yang memiliki fundamental bagius, seperti INDF, GGRM dan lain2. Maka, saya ingin mengulas satu saham di sektor ini (UNVR) yang fundamentalnya tidak meragukan lagi. 

UNVR adalah saham yang sangat bgus untuk investasi jangka panjang. Anda pasti tahu brand-brand UNVR yang sangat top.


Beberapa brand UNVR saya rasa anda pasti dengan mudah menemukan produknya, baik di supermarket, minimarket bahkan toko2 kelontong sekalipun.

Dan memang, salah satu perusahaan yang sangat bagus untuk investasi jangka panjang kalau produknya ada di mana-mana, selalu digunakan semua orang, dan merupakan kebutuhan. Contoh lainnya adalah perusahaan perbankan (BBCA, BBRI, BMRI, BBNI) atau jalan tol Jasamarga. Baca juga: Saham yang Bagus untuk Investasi Jangka Panjang. 

Kedua, dari sisi kinerja, UNVR merupakan pemimpin pasar di industrinya dalam hal perolehan laba bersih. Perhatikan laba bersih UNVR selama 7 tahun. 

Sumber: idx.co.id (Data diolah)

Perhatikan, laba bersih UNVR selalu mengalami growth yang sangat stabil, bahkan di tahun 2015 pada saat kondisi ekonomi Indonesia lesu, dan banyak perusahaan yang labanya anjlok, UNVR tetap mempertahankan kenaikan laba. 

Jika melihat contoh tren laba UNVR 7 tahun, UNVR kemungkinan besar tetap mempertahankan kenaikan laba. Hanya saja, dari sisi growth income UNVR tidak akan naik terlalu tinggi, karena UNVR sudah termasuk dalam mature company.

Catatan: Kalau anda mau menganalisis tren laba perusahaan, anda bisa menggunakan data 5-10 tahun terakhir seperti contoh saya paparkan. Anda hanya tinggal menyesuaikan tahunnya dengan tahun terkini. 

Perolehan laba ini didukung dengan pembayaran dividen UNVR yang rutin setiap tahun dengan dividend per share yang jumbo. 


Saya mengambil sampel 7 tahun UNVR, di mana selama 7 tahun berturut-turut UNVR selalu membagi dividen, dan nominal dividen UNVR selalu mengalami peningkatan setiap tahun, sesuai dengan peningkatan laba. 

Nominal dividend UNVR ini dapat dikatakan sangat besar karena kalau anda bandingkan dengan saham2 blue chip lain seperti BBCA, TLKM, ASII, JSMR, INDF, jumlah dividend UNVR jauh lebih gede ketimbang kebanyakan perusahaan2 blue chip lain.  

Jadi, kalau anda adalah investor yang mengincar dividend yield, maka UNVR adalah salah satu pilihan terbaik. 

Keterangan: Setiap tahun UNVR selalu membagikan dividen interim, selain dividen tahunan. Untuk memudahkan melihat tabel, saya menjumlahkan nilai dividen tahunan dengan dividen interim. 

STOCK SPLIT UNVR

Sekarang kita akan masuk ke analisis pergerakan harga saham UNVR. Pergerakan tren UNVR sangat stabil dan selalu berada dalam tren naik selama jangka panjang. Perhatikan grafik UNVR dibawah ini:
Klik gambar untuk memperbesar

Jika saya ambil sampel 6 tahun pergerakan saham UNVR, maka return saham UNVR menghasilkan return yang cukup memuaskan. Perhatikan tabel dibawah ini: 


Return saham UNVR rata-rata bisa diatas kinerja IHSG. Namun memang pada 1-2 tahun return saham UNVR pernah mengalami penurunan. Seperti tahun 2016, return saham UNVR hanya naik sebesar 5%. 

UNVR sendiri pernah melakukan stock split sebanyak dua kali. Pertama pada tanggal 6 November 2000 dengan rasio 1:10. Kedua pada tanggal 3 September 2003 dengan rasio yang sama. Harga UNVR setelah stock split berada di kisaran 4.000, namun dalam 5-10 tahun, UNVR sudah naik hingga mencapai level 45.000 per saham. 

Dari data dan analisis yang saya paparkan diatas, UNVR adalah saham yang sangat bagus untuk investasi jangka panjang. Keuntungan investasi di saham UNVR: 

1. UNVR sangat bagus bagi anda yang investasi dengan mengincar dividend yield

Anda yang suka dividen besar dari investasi saham, maka UNVR adalah pilihan saham yang tepat. Seperti yang saya paparkan tadi, UNVR merupakan salah satu perusahaan yang selalu membagi dividen jumbo. 

2. Kalau anda punya modal guedeee, tentu akan lebih aman jika anda menyimpan saham yang risikonya kecil.

Misalnya anda punya modal menganggur sampai, katakanlah, Rp 2 miliar. Jika anda ingin menginvestasikan di saham, lebih baik anda menginvestasikan di saham2 perusahaan mature company seperti UNVR.

3. UNVR cocok untuk anda yang tidak terlalu suka risiko

Anda yang tidak menyukai risiko tinggi, dan anda yang sedang menyiapkan investasi besar (yang cenderung aman) untuk dana pensiun anda, maka UNVR adalah pilihan yang sangat tepat, karena bukan hanya return sahamnya saja yang anda peroleh, tetapi anda juga memperoleh dividend yield yang besar sebagai pasif income, karena berdasarkan histori, UNVR selalu membayar dividen setiap tahun. 

Namun, UNVR barangkali kurang cocok bagi anda yang:

1. Memiliki modal kecil 

Mengingat harga saham UNVR ini sudah sangat tinggi sekitar 55.000, artinya kalau anda mau beli 1 lot saham UNVR, anda harus mengeluarkan duit sekitar Rp 5,5 juta, right?

Jadi, kalau modal anda hanya Rp15 juta, rasanya sih nggak worth it kalau anda cuma beli saham 2-3 lot saja. Anda bisa cari saham2 yang sedang growth atau cari saham yang bagus buat trading. 

Namun, kalau anda benar2 ingin investasi di UNVR, beberapa solusi yang bisa saya sarankan pertama, anda bisa menggunakan sistem nabung saham. Baca juga: Penjelasan Cara Menabung Saham. 

Jika menabung saham masih terasa berat, anda bisa tunggu UNVR melakukan stock split lagi. UNVR pernah 2 kali melakukan stock split tahun 2000 dan 2003 dengan rasio yang sama, yaitu 1:10. 

Kalau kita asumsikan UNVR melakukan stock split 1:10 lagi di harga 55.000, maka harga sahamnya akan menjadi 5.500. Jika harga saham UNVR menjadi 5.500, anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli 1 lot UNVR sebesar Rp550 ribu saja, bukan Rp5,5 juta.  

2. Suka dengan risiko 

Anda yang punya prinsip: Siap dengan risiko, asalkan untungnya gede dan lebih cepat, UNVR bukan pilihan saham yang tepat. Pergerakan UNVR memang selalu cenderung uptrend, tetapi pergerakan sahamnya cenderung stabil dan tidak terlalu fluktuatif seperti saham TRAM, DWGL misalnya. 

Catatan: Pos ini bukan bertujuan untuk merekomendasikan pada anda untuk membeli saham UNVR, atau mempromosikan UNVR. Pos ini bertujuan untuk memaparkan analisis yang bisa menjadi dasar pertimbangan anda pribadi dalam mengambil keputusan beli-jual saham.. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.