Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Saham yang Bagus untuk Ditabung - Nabung Saham

El Heze
Kalau anda sedang mencari saham-saham yang bagus untuk ditabung jangka panjang, maka sebenarnya ada beberapa saham di Bursa Efek yang bagus untuk itu. Terutama saham2 yang sudah mapan kinerjanya dan rutin bagi dividen, maka saham2 tersebut adalah saham2 yang sangat layak untuk anda pertimbangkan. Baca juga: 7 Saham yang Layak Investasi Seumur Hidup. 

Saham-saham perbankan adalah salah satu saham pilihan saya untuk ditabung jangka panjang. Tapi tentunya, bukan sembarang saham perbankan yang bagus untuk ditabung jangka panjang. Baca juga: Sektor Investasi Saham yang Paling Meyakinkan.

Pilihan saya, adalah saham2 "kartu AS" blue chip perbankan yaitu BBCA, BBRI, BBNI dan BMRI. Di pos rekomendasi saham, saya juga menuliskan menu nabung saham BBCA, BBRI, BBNI dan BMRI. Anda bisa lihat pos-nya disini: Rekomendasi Saham. 

Untuk menu nabung saham sendiri, saya sudah menuliskannya cukup lama. BBCA saya tulis ketika harganya di kisaran 18.700. BBRI saya tulis ketika di kisaran harga 15.400 harga sebelum stock split, kalau setelah stock split harganya menjadi 3.080).

BMRI saya tulis untuk menu nabung saham ketika harga di kisaran 6.800. BBNI saya tulis ketika harganya berada di kisaran 7.500. Lalu, bagaimana pergerakan harga keempat saham tersebut? Perhatikan grafik keempat saham tersebut dibawah: 

BBCA - Naik dari harga 18.700 ke harga 21.500 (klik gambar untuk memperbesar)

BBNI - Naik dari harga 7.500 ke harga 9.975 (klik gambar untuk memperbesar)

BMRI - Naik dari harga 6.800 ke harga 7.600 (klik gambar untuk memperbesar)

BBRI naik dari harga 3.080 ke harga 3.400 (klik gambar untuk memperbesar)

Keempat saham blue chip perbankan ini mengalami kenaikan. Artinya, kalau anda membeli saham ini di harga rendah, dan anda mendiamkan saham anda (kalaupun anda averaging up, kemungkinan besar anda masih dapat harga rata2 dibawah harga sekarang), maka nilai saham anda akan mengalami kenaikan yang walaupun tidak semua mengalami kenaikan signifikan, namun kenaikan ini juga bisa dibilang memuaskan.
Kenaikan saham2 tersebut belum ditambah dengan dividen yang nantinya akan anda terima. Baca juga: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagi Dividen.

Saham yang mengalami kenaikan paling tinggi adalah saham BBNI, yaitu dari harga 7.500 ke 9.975. Sedangkan BBCA masih terus naik, walaupun tidak terlalu signifikan, yaitu dari 18.700 ke 21.500. Untuk BMRI dan BBRI juga mengalami kenaikan yang kencang setelah stock split, walaupun sempat sideways.  

Saham2 ini sekarang berada dalam tren naik, dan dalam jangka panjaaaanng, kalau anda lihat histori saham2 finance, harga sahamnya bisa terus bertumbuh. 

Saham2 perbankan juga ada kelemahannya, yaitu cukup sensitif terhadap sentimen2 negatif yang menyangkut perbankan dan pertumbuhan ekonomi. Seperti contohnya saat ada pemberitaan tentang pembatasan NIM perbankan yang disalah-artikan oleh kebanyakan orang, maka saham2 perbankan langsung anjlok. 

Namun kalau anda yang sudah pegang saham2 ini di harga bawah dan sedang anda tabung sahamnya, maka setiap tahun anda pasti mendapatkan capital gain maupun dividen yang rutin. 

2 komentar:

  1. Bagaimana prospek saham..unvr.akra dan tlkm

    ReplyDelete
    Replies
    1. UNVR, AKRA, TLKM tunggu momentum saja. Harganya udah pada diskon. Saat ini sebagian besar saham turun, karena market sedang koreksi. Di titik2 bottomnya, pasti akan mengalami rebound.

      Saham2 yang fundamentalnya bagus hanya tinggal tunggu giliran naik

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.