Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Keuntungan Membeli Saham yang Anda Dapatkan

Salah satu jenis investasi yang bisa anda lakukan adalah investasi saham (jangka panjang). Selain investasi, anda juga bisa mentradingkan saham untuk jangka pendek. Membeli saham berarti 'membeli kepemilikan perusahaan'. Perusahaan yang dimaksud disini adalah perusahaan go public. 

Sebenarnya apa sih keuntungan yang bisa anda dapatkan kalau anda membeli saham? Bagi orang awam, mungkin anda memiliki pertanyaan tersebut. Maka dari itu, di pos ini saya akan memberikan beberapa keuntungan utam yang anda dapatkan jika anda membeli saham:

1. Mendapatkan capital gain

Membeli saham dapat memberikan keuntungan pada anda berupa capital gain. Hal ini terjadi apabila saham yang anda jual nilainya lebih tinggi daripda saat anda membelinya. Baca juga: Pengertian Capital Gain dan Capital Loss. 

2. Mendapatkan dividen

Membeli saham juga memungkinkan anda untuk mendapatkan dividen. Dividen adalah pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham. Di Bursa Efek, banyak perusahaan yang selalu rutin membagi dividen dan nominalnya besar. Contohnya adalah UNVR, ITMG, PTBA. Baca juga: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagi Dividen. 

3. Mendapatkan pertumbuhan nilai aset jangka panjang

Bagi anda yang membeli saham dengan tujuan investasi, maka dalam jangka panjang anda bisa menikmati keuntungan berlipat dari tren harga saham yang terus naik. Hal ini berbeda jika anda hanya menyimpan uang di bank, maka nominal uang anda akan tetap, namun nilai uang anda akan turun karena tergerus oleh inflasi. Bac juga: 7 Saham yang Layak Investasi Seumur Hidup.

4. Memiliki kesempatan untuk memiliki perusahaan besar 

Dengan membeli saham, anda memiliki kesempatan untuk ikut memiliki perusahaan2 ternama di Indonesia. Di Indonesia ada banyak perusahaan besar dan pasti kita mengenalnya. Contohnya Telkom, Indofood, Unilever, Bank BCA, Jasamarga (jalan tol) dan lain2. 

5. Saham bisa menjadi warisan 

Saham yang anda pegang, apalagi jika anda memegang saham2 perusahaan besar, ternama dan rajin bagi dividen, maka saham yang anda pegang bisa menjadi warisan bagi anak cucu anda. Daripada anda menggunakan uang anda hanya untuk kegiatan konsumerisme, ada baiknya anda mulai menabung saham untuk masa depan.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.