Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Harga Saham Paling Tinggi di Indonesia

Anda barangkali masih ingat harga saham PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) yang harga sahamnya pernah mencapai Rp1.000.000 per lembar saham. MLBI saat itu diharuskan Bursa Efek untuk melakukan stock split. Karena itulah setelah stock split 1:100, harga MLBI ada di kisaran 11.000. 

Tapi, saham MLBI ini bukanlah saham yang likuid. Jadi kalau anda perhatikan grafik saham MLBI meksipun setelah stock split, harga sahamnya juga tidak terlalu banyak peminat. Baca juga: Saham Termurah di Indonesia. 

Sebelumnya, harga saham HMSP juga sempat menempati urutan harga saham yang paling mahal di Indonesia, karena harga saham HMSP sempat mencapai 97.000 per lembar. Tapi setelah itu HMSP juga stock split dan harganya menjadi di kisaran 4.000-an. 

Kalau sekarang, harga saham yang paling tinggi di BEI adalah PT Gudang Garam Indonesia Tbk (GGRM). Berapa harga saham GGRM? GGRM sekarang berada di kisaran harga 78.000. Jika anda lihat tren GGRM, memang GGRM terus mencetak kenaikan harga saham dari tahun ke tahun, sehingga wajar saja kalau harga sahamnya sudah sangat tinggi. 

Biasanya harga saham yang tinggi (walaupun tidak selalu), bisa menunjukkan bahwa saham tersebut memang banyak peminatnya karena kinerja fundamental saham tersebut sangat bagus. Perhatikan saham HMSP dan GGRM.

HMSP dan GGRM adalah pemimpin pasar di industrinya dan emiten2 ini juga selalu bagi2 dividen dengan porsi jumbo. Lalu, kita lihat juga harga saham yang nominalnya cukup tinggi yaitu PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR). UNVR harga sahamnya mencapai hampir 50.000.

Kenaikan harga UNVR karena memang fundamental UNVR yang bagus, dan bahkan UNVR bisa membagikan dividen lebih dari satu kali dalam setahun (dividen interim). Baca juga: 7 Saham yang Layak Investasi Seumur Hidup. 

Harga saham yang tinggi di BEI memang membuat investor dengan modal kecil sulit membeli sahamnya. Maka dari itu, kalau anda punya modal pas-pasan, lebih baik anda tidak perlu membeli sahamnya. Daripada hanya beli 1 lot saja, return yang anda dapatkan tidak akan terasa. 

Tapi tenang saja, cepat atau lama biasanya saham2 yang harganya sudah tinggi pasti akan melakukan stock split. Perhatikan saja saham2 HMSP, MLBI dan UNVR yang dulu sudah pernah stock split. Dan saham2 yang fundamentalnya benar2 bagus, harga sahamnya juga akan naik setelah stock split. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.