Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Stock Market: You Never Stop Learn

Pasar modal / lebih tepatnya saya akan menyebutnya sebagai pasar saham adalah tempat untuk meraup profit tanpa batas dengan cara menanamkan modal anda pada saham yang merupakan aset non-riil. 

Pertanyaannya, sudah berapa lama anda trading di pasar saham? Apakah baru saja memulai? Apakah 1 tahun? 2 tahun? 3 tahun? Atau bahkan sudah 10 tahun? Semakin tinggi jam terbang anda di pasar saham, anda pasti semakin mampu membaca kondisi pasar dengan baik, dan psikologis anda akan lebih tenang. 

Di pasar saham, semua orang, apapun tipikal trading anda (scalping, swing, intraday dan lain2) anda tidak akan pernah berhenti untuk belajar. Sehebat apapun anda, anda pasti akan terus belajar bagaimana cara bertahan menghadapi kondisi pasar yang jatuh, dan belajar bagaimana untuk bisa terus meraup profit di pasar saham. 

Maka dari itu, saya ingin menekankan sesuai judul di pos ini Stock Market: You Never Stop Learn, bahwa sehebat apapun anda di pasar saham anda dan saya pasti akan terus belajar dan tidak akan berhenti belajar. 

Pasar saham memiliki dinamika pergerakan yang sangat cepat. Hal ini menuntut kita semua untuk fleksibel dengan setiap trading plan yang kita jalankan. Dinamika di pasar saham mengharuskan kita untuk terus belajar. Bahkan diharapkan ketika kita menghadapi dinamika pasar yang hampir sama, maka nantinya kita sudah tahu apa yang harus dilakukan. 

Sebagai contoh, di tahun 2017 kita menghadapi kondisi market yang tidak seperti biasanya, di mana IHSG terus naik tapi sebagian besar saham trennya malah turun terus dan nggak sedikit yang sideways. 

Beberapa saham yang biasanya saya tradingkan di tahun2 lalu dan hampir selalu profit (seperti ASII, TLKM, PGAS), di tahun ini saya harus cut loss secepat mungkin karena sudah saham2 mulai menunjukkan penurunan tren dan tidak bergerak naik-turun secara meyakinkan. Saya juga pernah membahasnya disini: Cerdas Memilih Saham Blue Chip untuk Trading.  

Kondisi -kondisi baru di pasar saham seperti inilah membuat trader harus "memutar otak" bagaimana agar trader tetap bisa bertahan di pasar saham, yaitu bagaimana agar (kalau sulit profit) setidaknya anda tidak rugi besar.

Di pasar saham ada banyak orang ahli (master) yang mungkin bisa menjadi panutan trader. Di pasar saham anda dan saya bisa mendapatkan keuntungan yang tidak terbatas. Di pasar saham trader bisa memilih saham apapun. Namun terlepas dari semua itu, sehebat apapun trader, di pasar saham semua orang pasti akan terus belajar.. Jadi, jangan lelah untuk belajar...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.