Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Agar Anda bisa Profit Trading Saham

Setiap trader pasti ingin mencetak keuntungan / profit dari setiap transaksi beli dan jual saham. Yang seringkali menjadi pertanyaan trader adalah: Bagaimana caranya agar bisa untung? Jawabannya adalah dengan melakukan analisis. 

Namun kalau saya menjawab "ANALISIS", jawaban tersebut memang "kurang lengkap" karena yang namanya analisis dalam trading itu luas sekali.. Bahkan setiap dari anda bisa memiliki interpretasi yang berbeda satu sama lain pada satu saham yang sama. 

Banyaknya variasi analisis saham ini seringkali membuat trader yang belum bisa profit konsisten menjadi bingung karena tidak tahu apa yang harus dilakukan agar bisa menganalisis saham dengan benar. 

Di pos ini, saya akan memberikan sedikit gambaran atau lebih tepatnya sedikit simulasi bagaimana cara agar anda bisa menganalisis saham dan menemukan gaya trading yang cocok untuk anda. Oke, bagaimana caranya?

Caranya adalah: Catatlah setiap saham yang akan anda beli, jual, termasuk saham yang sedang anda masukkan dalam daftar watchlist (meskipun tidak sedang anda tradingkan). Setelah itu, ujilah saham2 tersebut dan catat analisisnya: Kenapa anda membeli dan kenapa anda masukkan watchlist.

Supaya anda mendapat gambaran, coba perhatikan contoh tabel analisis saham dibawah ini:

(Klik gambar untuk memperbesar)

Cobalah melakukan analisa seperti pada tabel diatas, dengan membuat sendiri kolom2 pada ms.excel. Misalnya anda membeli saham PGAS tanggal 10 Januari dan anda ingin menguji analisis anda, misalnya selama 4 hari setelah anda membeli saham PGAS. 

Tuliskan di kolom tersebut, mengapa anda membeli saham PGAS. Lalu, ujilah H+1 apa yang terjadi setelah anda membeli saham PGAS, hingga H+4. Jika dalam 4 hari PGAS mengalami kenaikan, maka resultnya adalah: pengujian analisis teknikal berhasil. 

Kalau bisa, simpan juga semua analisis teknikal dan grafik saat anda melakukan analisis tersebut. Dengan demikian, anda bisa mengetahui alasan anda membeli dan menjual saham, termasuk anda akan mengetahui pola saham seperti apa yang harganya berpotensi cenderung naik. 

Contoh: Saat membeli saham PGAS dan ingin melakuan pengujian selama 4 hari, simpanlah grafik PGAS dalam format JPEG atau lainnya mulai tanggal 10 Januari sampai tanggal 14 Januari. 

Jadi intinya, setiap ada saham yang ingin anda beli atau watchlist, anda harus langsung membuat dan menyimpan analisisnya, yaitu dengan cara menuliskan alasan anda membeli saham tersebut. Mengapa anda perlu membuat analisis seperti ini? 

Dengan melakukan hal ini secara terus menerus, perlahan anda akan mengetahui analisis saham yang cocok untuk anda. Misalnya, tingkat kebenaran/ keberhasilan analisis anda sebesar 80% ternyata dikarenakan anda banyak menggunakan perpaduan moving average dengan stochastic. 

Hal ini nantinya bisa menjadi pegangan anda di kemudian hari ketika melakukan analisis saham. Ketika menganalisis saham, cobalah untuk mengasah terus kemampuan analisis moving average dan stochastic yang anda lakukan. 

Selain itu, dengan menuliskan analisis anda juga bisa mengetahui apa yang membuat saham yang anda analisis meleset dari prediksi anda, sehingga ketika anda mempelajari lagi analisis2 anda, anda tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.  

"Bung Heze, masalahnya saya nggak tahu bagaimana cara melakukan watchlist untuk menemukan saham yang tepat" Tanya anda

Untuk mengetahui lebih dalam bagaimana cara melakukan screening saham untuk analisa, anda bisa membaca pos-nya disini: Cara Melakukan Screening Saham yang Tepat. 

Nah, mungkin beberapa dari anda ada yang berpikir: "Wah, cara ini kayaknya lama untuk bisa mendapatkan profit konsisten di pasar saham. Apa nggak ada yang lebih instan?"

Lama tidaknya cara tersebut sebenarnya tergantung dari pengalaman anda. Kalau anda ingin mahir dalam melakukan analisis saham, maka mau tidak mau anda harus melakukan analisis secara berkala. Dengan cara inilah lama-kelamaan insting dan analisis anda akan menjadi SANGAT KUAT, karena anda terus mencari dan menambal celah-celah kekurangan dalam analisis anda, sehingga anda bisa mendapatkan profit konsisten di saham.

Selamat mencoba dan salam profit....

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.