Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Untung Main Saham Tanpa Rugi

Saya cukup tergelitik ketika ada trader yang pernah bertanya melalui email tentang cara mendapat profit di pasar saham: 

"Pak Heze, gimana cara ambil posisi (beli) saham agar bisa untung, tanpa rugi?"

Jika ada trader bertanya demikian, saya akan jawab dengan jujur: 

"Tidak ada caranya. Yang bisa anda lakukan adalah bagaimana agar anda tidak rugi terlalu besar, sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan yang konsisten, dengan kerugian yang sekecil mungkin. Tidak ada saham nyangkut, tidak ada yang namanya terlambat cut loss, tidak ada yang namanya salah memilih saham".

Memang sebagian besar trader yang menginginkan untung tanpa rugi di saham adalah trader pemula. Bagaimana bisa anda yang baru belajar bisa 100% untung? Ibarat baru belajar sepeda, tapi ingin langsung menjuarai kompetisi balap sepeda. Apakah hal ini mungkin dilakukan? Ibarat baru berlatih tinju, tapi ingin langsung jadi juara dunia. 

Seorang juara balap sepeda butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun karir yang baik. Bahkan, tidak menutup kemungkinan dalam prosesnya, seorang atlet mengalami jatuh bangun. Hal ini sama dengan seorang pemain saham. 

Nah, bagi anda sudah memiliki pengalaman yang cukup kenyang di dunia saham, anda pasti mengerti bahwa tidak ada yang namanya 100% untung dalam trading saham. Ada kalanya harga saham yang anda beli turun. Ada kalanya kita harus berhenti dari trading sejenak karena market kurang bagus. Ada kalanya kita mendapat profit yang sangat besar. Ada kalanya kita harus cut loss.

Di pasar saham, anda akan menghadapi market. Market bukan hanya terdiri dari beberapa orang, tetapi jutaan orang yang ada di dalamnya, dan anda tidak akan tahu siapa saja mereka. Anda juga tidak tahu apa yang ada dalam pikiran mereka semua. Baca juga: Analisa Teknikal vs Market.  

Gejolak2 di pasar saham inilah yang membuat anda harus terus belajar dan cermat dalam mengelola trading. Tentu saja tidak bijaksana apabila dalam trading anda cuma mau untung saja, tanpa mau berproses sama sekali. 

Seperti di paragraf awal saya tekankan, bahwa target seorang pemain saham adalah: Meraih keuntungan konsisten. Untung konsisten bisa anda raih hanya jika anda bersedia mempelajari trading dengan serius, bukan sekedar bermimpi.   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.