Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Tips Trading Saham Tanpa Beban

Trading saham adalah aktivitas yang cukup menguras psikologis, karena trading saham bukan aktivitas main2. Anda menggunakan modal anda (uang beneran) untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan harga saham itu fluktuatif, dan tidak ada seorang pun yang bisa memastikan harga saham di masa depan. 

Jadi kalau anda selama ini sering mendengar kata-kata bombastis, entah di seminar2 berbayar, atau layanan lainnya yang mengatakan bahwa 'trading saham itu gampang', 'trading saham pasti profit tanpa risiko', maka anda harus mengubah pola pikir tersebut. 

Saya tidak mengatakan pada anda bahwa trading saham itu sulit. Selama trading bertahun-tahun, saya akui bahwa trading saham itu tidak sulit untuk mencari untung. Tetapi yang harus lebih anda kuasai adalah: PSIKOLOGIS. Kalau psikologis kacau, anda akan lebih mudah untuk rugi. 

Terus Pak Heze, apa hubungannya sama trading saham tanpa beban? Tanya anda 

Kalau anda memutuskan trading, jangan pernah trading dengan beban pikiran berlebihan untuk mendapatkan profit. Saya beberapa kali mendapat pertanyaan dari trader yang menyatakan keinginannya untuk menjadi full time trader. Baca juga: Menjadi Full Time Trader - Part I dan Menjadi Full Time Trader - Part II. 

Perlu anda ketahui, menjadi full time trader memiliki tuntutan yang lebih besar, karena full time trader berarti anda harus menghidupi diri anda dan keluarga menggunakan hasil dari trading. Kalau anda belum siap dengan risiko trading, pikiran anda bisa kacau saat market sedang bearish. Hal ini akan berbahaya untuk karir trading anda. Itulah mengapa banyak trader yang satu tahun menjadi full time trader akhirnya menyerah. 

Jadi kalau anda ingin trading tanpa beban, ada baiknya anda menjadikan trading sebagai penghasilan tambahan. Baca juga: Main Saham, Penghasilan Utama atau Penghasilan Tambahan? Saat anda sudah memiliki penghasilan utama, maka trading saham hanyalah sarana untuk menambah / meng-cover penghasilan utama anda. Baca juga: Target Laba Trading, Hanya Membebani Pikiran Anda. 

Dengan trading tanpa beban, percayalah segala keputusan trading anda akan jauh lebih matang. Disinilah anda memiliki kesempatan mendapat profit yang lebih besar. Trading dengan beban yang besar hanya akan membuat gaya trading anda menjadi kacau. 

Pos ini berlaku untuk semua kalangan / tipikal trader. Intinya, dalam situasi apapun (baik saham sedang naik atau sedan turun), baik anda menjadi part time atau full time trader, jangan pernah menjadikan trading sebagai beban untuk mendapatkan profit.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.