Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Sukses Trading Dimulai dari Diri Sendiri

Kalau anda ingin sukses di bidang yang anda tekuni, maka hal penting yang harus anda lakukan selain melatih diri adalah melakukan "evaluasi diri". Evaluasi diri salah satunya adalah menyadari kesalahan diri sendiri dan siap untuk merubahnya menjadi lebih baik di masa mendatang. 

Saya beri satu contoh. Di lingkungan sehari-hari mungkin anda sering melihat banyak masyarakat yang menyalahkan pemerintah akibat banyaknya sampah yang tidak tertangani dengan baik. Padahal sebenarnya masyarakat sendirilah yang selalu membuang sampah sembarangan. Objek untuk membuang sampah sudah disediakan, tetapi tetap saja masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan.

Himbauan2 untuk hidup bersih sudah dicanangkan tetapi tetap saja masih banyak masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Ya kalau begini nggak heran jika banjir selalu terjadi di mana-mana. Menjaga lingkungan saja masih belum bisa.

Apakah masalah sampah dan banjir bisa diatasi? Jawabannya: Bisa. Caranya sebenarnya simpel, yaitu tidak perlu membudayakan kebiasaan2 saling menyalahkan. Jika setiap orang memiliki kesadaran sendiri untuk menjaga kebersihan lingkungannya tanpa harus menyalahkan siapapun, maka masalah sampah dan banjir akan dapat diatasi. 

Jika setiap dari kita mampu memilii kesadaran untuk menjaga lingkungan, maka kita semua bisa dikatakan sukses menjaga lingkungan yang nyaman dan asri.

Oke, terus apa hubungannya sama trading saham?

Banyak trader yang ketika rugi mereka menyalahkan pasar saham, teman, broker, analis, dan lain2. Hal inilah yang sangat berpotensi menghambat kesuksesan trader di dunia saham. Mengapa? Ketika anda mengkambinghitamkan orang lain dan pasar sebagai penyebab kerugian anda, anda tidak akan bisa mengevaluasi dan menemukan letak kesalahan anda dalam trading. Anda akan terus terjebak dalam kerugian.

Kunci sukses membangun trading saham anda dimulai dari mau menerima segala risiko saham dan tidak sombong ketika anda bisa mencetak profit. Dengan cara seperti ini anda bisa lebih baik dalam melakukan evaluasi trading. 

 kerugian di pasar saham bukanlah sesuatu yang buruk, karena dari kerugian tersebut anda bisa belajar dan berproses terus. Dari kerugian inilah anda bisa menjadi lebih baik karena anda mengetahui apa yang menyebabkan anda rugi. Nah, kalau ketika anda rugi anda menyalahkan pasar saham, gimana anda bisa tahu penyebab kerugian anda. 

Atau kalau anda mendapat profit besar dan anda langsung bangga, padahal anda baru trading beberapa bulan, bagaimana anda bisa mengukur kemampuan trading anda lebih jauh lagi?

Di pasar saham ada risiko sistematis dan risiko tidak sistematis. Risiko sistematis yaitu risiko yang bisa anda hindari (seperti saham yang tidak likuid, fundamental perusahaan yang jelek). 

Sedangkan risiko tidak sistematis yaitu risiko yang tidak bisa anda hindari yang berpengaruh terhadap saham2 yang anda pegang (perubahan suku bunga, perubahan fundamental, perubahan kondisi market, dan lain2). Kalau anda sudah mengetahui risiko2 tersebut, tentu tidak bijaksana apabila trader menyalakan orang lain sebagai penyebab kerugiannya.

Jadi inti pos ini, saya ingin mengatakan pada anda bahwa sukses trading dimulai dari diri anda sendiri. Ketika anda memiliki kesadaran bahwa dalam trading saham memiliki risiko dan anda mau menerimanya (tidak menyalahkan siapapun ketika rugi), maka anda sudah selangkah lebih maju dalam trading saham.    

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.