Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Main Saham Pemula , Apa Target Anda?

Tujuan utama main saham adalah unuk mendapatkan profit. Tidak peduli anda adalah trader pemula, sudah memiliki pengalaman beberapa tahun, sampai pada level expert, anda pasti menginginkan tujuan akhir: PROFIT. Tapi dalam praktiknya, anda tentu tidak bisa 'main terjang' begitu saja. 

Maksud saya, anda tidak bisa terlalu banyak berharap pada pasar saham. Jika anda sebagai pemula yang masih lampu hijau di dunia saham menginginkan untuk 20 kali dari 20 kali transaksi, maka bisa jadi justru anda mengalami kerugian. Lho kok? 

Pemain saham pemula harus memulai trading dengan belajar memahami realita yang ada di pasar saham. Artinya, target seorang pemula bukan mengincar profit sebesar mungkin tetapi pemula harus banyak belajar melakukan analisis pasar. 

Mengapa demikian? Pasar saham itu sangat luas. Anda tidak bisa mempelajarinya hanya sekedar seperti menghafalkan rumus matematika. Seni trading yang harus anda gunakan bukan hanya mencakup beli-jual saham, tetapi juga mencakup sistem trading yang efekif, psikologis trading, trading plan, dan masih banyak lainnya. 

Sehingga sebagai seorang pemula dalam dunia saham, target utama yang harus anda capai adalah: 

1. Meminimalkan kerugian sekecil mungkin 

Pemula harus belajar bagaimana agar tidak rugi alias rugi sekecil mungkin dari setiap transaksi sahamnya. Jadi tujuannya disini adalah membiasakan agar anda bisa menemukan pola trading yang membuat anda lebih stabil. Jangan sampai anda bisa mendapatkan profit 10 juta dalam satu bulan, namun kemudian anda mengalami kerugian yang lebih besar di bulan berikutnya. 

Ketika anda bisa mendapatkan profit yang besar dalam bulan tertentu, anda harus tetap membatasi kerugian anda apabila suatu saat harga saham tidak bergerak sesuai harapan anda. Jangan sampai kerugian anda membengkak. Jika anda sudah bisa membiasakan hal ini ketika anda masih pemula, kedisiplinan dalam trading anda akan terbentuk lebih baik. 

2. Target profit konsisten

Setelah anda bisa meminimalkan kerugian sekecil mungkin, anda bisa mencoba untuk mengembangkan terus sistem trading anda. Jika anda sudah bisa disiplin dalam menekan kerugian, anda bisa mulai mengincar target profit konsisten.

Profit konsisten umumnya / lebih mudah diraih jika anda memulainya dengan modal yang lebih kecil / tidak terlalu besar. Mengapa? karena jika anda trading dengan modal besar, dan anda belum terbiasa, maka hal ini akan mengganggu psikologis anda jika nilai portofolio anda turun. Baca juga: Main Saham Modal Besar atau Main Saham Modal Kecil?

Dua langkah itulah yang harus dilakukan pemula ketika ingin main saham. Hanya dengan cara inilah anda bisa terus mencetak profit konsisten dan mengatur portofolio trading anda dengan rapi.

Bagi anda yang ingin mampu mencapai target profit konsisten dari trading saham, anda bisa mendapatkan materinya secara lengkap disini: Buku Saham

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.