Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mengetahui Likuiditas Saham

El Heze
Likuiditas perdagangan saham memiliki dampak yang cukup besar dalam trading anda. Saham yang likuid memberikan kesempatan untuk mendapatkan profit yang lebih pasti dibandingkan saham2 yang sama sekali tidak likuid, bahkan yang spreadnya renggang. Baca juga: Mengenal Spread Bid-Offer di Pasar Saham. 

Salah satu alasan mengapa likuiditas saham penting untuk anda ketahui adalah supaya anda tidak terjebak dalam membeli saham. Baca pos: Saham Likuid Tiba-tiba Sepi Peminat? 

Kalau anda ingin mengetahui seberapa besar likuiditas perdagangan suatu saham, atau anda ingin mengetahui emiten apa yang memiliki likuiditas saham terbesar di sektornya, anda bisa download datanya dengan mudah melalui www.idx.co.id. Berikut langkah2 mencari nilai likuiditas saham: 

1. Masuk ke situs IDX, dan buka IDX Fact Book. Klik linknya disini: IDX Fact Book

2. Kemudian anda akan menemukan halaman Fact Book IDX selama 10 tahun terakhir. Anda bisa download datanya sesuai dengan tahun yang anda inginkan. 

3. Setelah anda download, masuk ke halaman Number of Listed Share, Market Capitalization and Trading. Anda bisa cari di daftar isinya. Biasanya ada di kisaran halaman 30. Perhatikan gambar dibawah ini:


Untuk mengetahui saham2 yang likuid dan tidak, anda bisa melihat melalui listed share (jumlah saham beredar), kapitalisasi pasarnya dan trade days (jumlah hari yang diperdagangkan). Semakin besar jumlah saham beredar dan kapitalisasi pasar serta semakin banyak jumlah hari yang diperdagangkan, maka saham tersebut menunjukkan saham yang semakin likud. 

Jika anda menemukan saham2 yang nilai kapitalisasi pasar, jumlah saham beredar dan jumlah hari saham yang diperdagangkan sangat sedikit dibandingkan dengan saham2 yang lain, maka dapat dikatakan bahwa saham tersebut adalah saham yang kurang likuid. 

Kalau anda ingin main saham yang lebih aman, anda bisa melakukan list saham2 yang likuid di sektornya, kemudian anda cek analisa teknikalnya dan tradingkan saham2 tersebut.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.