Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham Perbankan: Saham BJBR dan Saham BNGA

El Heze
Di sektor saham perbankan, ada banyak saham yang memiliki fundamental bagus. Saya pernah membahas sektor perbankan disini: Sektor Investasi Saham yang Paling Meyakinkan. Di pos ini, saya akan membahas saham BJBR dan saham BNGA yang juga memiliki fundamental bagus. 

Tapi di pos ini, saya tidak akan membahas fundamental keduanya. Saya akan membahas analisis teknikal BJBR dan BNGA mengingat kedua saham tersebut adalah saham yang juga sangat oke secara teknikal. BJBR dan BNGA adalah dua saham yang juga sering saya rekomendasikan pada trader untuk watchlist karena selain polanya yang uptrend, saham2 tersebut juga ramai peminat. 

Namun, kedua saham tersebut saat ini (sampai saat pos ini ditulis) sudah tidak seramai dulu. Hal ini bisa dilihat dari bid-offernya. Kalau anda sering perhatikan kedua saham ini, dahulu bid-offernya sangat tebal, sekarang hanya tinggal puluhan saja untuk satu antrian harga. 

Mulai sepinya peminat kedua saham ini juga bisa anda cek dari grafiknya. Perhatikan grafik saham BNGA dan BJBR dibawah ini.  

Saham BNGA

Saham BJBR

Perhatikan, baik saham BNGA maupun BJBR yang semula membentuk uptrend, dalam beberapa dua bulan terakhir, sahamnya terus sideways (perhatikan tanda persegi). Sahamnya terlihat sangat berat untuk naik maupun turun lebih dalam. Perhatikan juga saham BJBR yang secara volume juga menurun drastis. 

Pada jam trading saya beberapa kali memperhatikan adanya spread antrian harga yang kosong. Hal ini menunjukkan baik para pemodal besar maupun ritel masih belum banyak masuk di saham tersebut, sehingga selain harga sahamnya sulit volatil lagi, bid-offernya juga belum terlalu ramai.  Baca juga: Mengenal Spread Bid-Offer di Pasar Saham.  I mean, para pemodal besar sudah merealisasikan profit di kedua saham ini saat BNGA dan BJBR sudah naik kencang2nya, sehingga kemungkinan besar, para pemodal besar sudah memindahkan modalnya ke saham lain.  

Untuk saham2 seperti ini, strategi trading yang bisa anda terapkan adalah: Jika anda ingin trading jangan masuk dengan jumlah lot yang besar. Apabila saham tersebut masih sideways, alangkah baiknya anda memindahkan modal anda ke saham yang kenaikannya lebih cepat, supaya anda bisa memperoleh return yang lebih cepat. 

Anda baru bisa masuk jika saham tersebut sudah mulai diborong lagi dalam jumlah besar. Saat itulah biasanya para investor foreign dan domestik mulai tertarik lagi dengan sahamnya. 

Analisa pos ini bukan hanya terbatas pada saham BJBR dan saham BNGA, tetapi untuk semua pola saham yang ada di pasar saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.