Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham

Saya menulis pos ini karena banyak teman-teman yang masih awam dan benar-benar memilik niat untuk main saham, tapi tidak tahu harus memulainya dari mana. Kalau anda orang awam dan ingin main saham, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka akun saham di kantor sekuritas. Bagaimana caranya membuka akun saham? 

Caranya anda harus mengunjungi kantor sekuritas terdekat untuk membuka rekening saham. Membuka rekening saham caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir pembukaan untuk rekening saham saja dan tanda tangan sesuai KTP anda. 

Setelah itu, beberapa hari - paling tidak dua minggu, kantor sekuritas akan memberikan login username dan password pada anda melalui email. Username dan password ini nantinya digunakan untuk login ke rekening atau akun saham anda. Bagaimana caranya agar anda bisa membuka akun anda?

Silahkan anda mengunjungi website kantor sekuritas tempat anda membuka rekening saham. Misalnya anda membuka rekening saham di Indo Premier Sekuritas (IPOT). Setelah rekening saham anda jadi, bukalah website resmi  IPOT dan carilah menu untuk download software saham. 

Setelah anda download software saham, software tersebut harus anda instal di laptop / PC atau smartphone. Lalu barulah anda bisa memasukkan username dan password serta PIN anda melalui software tersebut. Nah, nanti kalau anda mau beli-jual saham, ya anda melakukannya melalui software trading tersebut (anda hanya butuh koneksi internet). 

Tentunya, sebelum anda membeli saham anda harus suntik modal dulu ke rekening saham anda, supaya anda bisa trading. Sudah paham sampai disini?

"Jadi kalau mau beli saham syaratnya harus mutlak buka rekening / akun saham dulu ya?" Tanya anda

Iya, itu syarat PERTAMA dan MUTLAK yang harus anda lakukan. Kalau anda nggak buka rekening saham melalui kantor sekuritas, anda pasti tidak bisa membeli saham. 

"Tapi Bung Heze, boro-boro datang ke kantor sekuritas terdekat, saya aja nggak tahu apa-apa tentang kantor sekuritas" Kata anda

Kalau anda sama sekali nggak tahu tentang kantor sekuritas, solusinya anda bisa tanya mbah google dengan kata kunci: "Daftar kantor sekuritas di Indonesia" atau kalau anda mau tahu kantor sekuritas yang terbaik yang bisa dijadikan rekomendasi, anda bisa googling: "Daftar kantor sekuritas terbaik tahun 20XX".

Setelah anda menemukan misalnya kantor Sekuritas A masuk dalam peringkat kantor sekuritas terbaik, anda bisa googling lagi: "Alamat Kantor Sekuritas A di Jakarta (tergantung kota anda)". Setelah anda menemukan alamatnya, anda bisa mengunjunginya. Baca juga: Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik.

Tapi kalau anda merasa kantor sekuritas terlalu jauh dari lokasi anda, anda bisa coba kontak kantor sekuritas yang ingin anda tuju. Caranya anda bisa cari alamat email kantor sekuritas tersebut dan kemudian kontak. Barangkali anda bisa mengajukan agar formulir untuk pengisian rekening saham bisa dikirim lewat pos ke alamat anda. 

Kalau anda sudah berhasil membuka rekening saham dan sudah login ke akun anda, maka sekarang bisa membeli saham. Bagaimana cara membeli saham? Anda hanya tinggal klik Trade kemudian klik Buy untuk beli atau Sell untuk jual saham. Untuk mudahnya: F2 = buy dan F4 = sell. Perhatikan gambar dibawah ini:



Kalau anda klik buy maka anda akan disuguhkan menu seperti tampilan dibawah ini:


Kalau anda mau beli saham, anda tinggal menuliskan kode saham yang ingin anda beli, misalnya DOID (perhatikan gambar diatas). Lalu, ketikkan harga dan jumlah lot yang ingin anda beli, kemudian klik Buy. Setelah itu, anda sudah memiliki sahamnya. Demikian juga kalau anda mau jual saham, maka klik Sell. 

"Terus bagaimana caranya agar saya tahu saham mana yang bagus untuk dibeli?" Tanya anda

Untuk mendapatkan jawabannya silahkan baca halaman: Daftar Isi dan temukan materi belajar saham yang cocok dan sesuai dengan kondisi anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.